Jahe Tanaman Istimewa Dari Surga

loading...
AkuIslam.id - Tumbuhan yang istilah ilmiahnya disebut stringavera ini berbentuk seperti tanduk. Letaknya di dalam tanah, sehingga banyak orang salah mengartikan sebagai akar dari sebuah tumbuhan. Padahal Jahe lebih tepat disebut sebagai umbi-umbian.

Khasiatnya yang luar biasa bagi kesehatan manusia menjadikan jahe dikenal sepanjang masa, dari zaman dulu hingga sekarang ini.

Pengobatan Cina kuno dan India, misalnya, mencatat bahwa jahe merupakan ramuan utama dalam banyak resep serta ramuan makanan dan minuman. Sementara itu, orang-orang Eropa memanfaatkan Jahe sebagai cita rasa dalam setiap masakan.

Salah satunya sebagai bumbu meja makan, layaknya garam dan merica sehingga bisa menambah nafsu makan.

Dalam Islam, Jahe (zanjabil) termasuk tanaman yang istimewa karena disebutkan secara langsung sebagai campuran minuman di surga. Al-Insan: 17 berbunyi, "Di dalam surga itu, mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe." Sekali pun zaman Rasul, mungkin, belum ditemukan kasusnya, namun isyarat dalam nash al-Qur'an tadi jelas menggambarkan betapa tanaman jahe bukanlah tanaman biasa. Kenyataannya, penelitian modern mengungkap kehebatan tanaman jenis ini.

Di Indonesia sendiri, Jahe tergolong tanaman yang tidak sulit ditanam. Karena itu, wajar kalau di kampung-kampung, tanaman jenis ini banyak dijumpai. Apalagi pengobatan tradisional dengan menggunakan jahe lebih praktis dan tidak memakan banyak biaya. Toh mesti demikian, khasiatnya tidak kalah dengan obat kimia yang digunakan untuk penyakit yang sama.

Bagaimana caranya? Tidak terlalu rumit, sangat alami dan efeknya cukup terasa. Orang yang sedang masuk angin, misalnya, racikannya cukup menggunakan jahe tua sebesar ibu jari yang dicuci bersih, kemudian dimemarkan dan direbus dengan air dua gelas. Bila sudah, tambahkan gula aren secukupnya, lalu didihkan lebih kurang 1/4 jam. Angkat dan minum hangat-hangat.

Demikian pula yang menderita sakit kepala atau migren (sakit kepala sebelah). Cukup dengan membakar jahe sebesar ibu jari lantas dimemarkan. Seduh dengan segelar air dan beri sedikit gula aren, dan diminum sekaligus. Kalau bisa minum tiga kali sehari.

Bagi yang mabuk kendaraan pun mudah meraciknya. Jahe sebesar ibu jari yang telah dicuci kemudian diiris tipis-tipis, direbus dengan segelas air dan diminum hangat-hangat sebelum naik kendaraan.

Bagaimana dengan anggota tubuh yang terkilir? Jahe dua ruas dicuci bersih lalu diparut, kemudian ditambahkan sedikit garam. Bila sudah, tinggal membalurkan ramuan ini pada anggota tubuh yang terkilir sebanyak dua kali sehari.

Penjelasan di atas sudah cukup meyakinkan kita bahwa jahe, umbi-umbian yang sering kita jumpai dalam berbagai bumbu masakan yang mungkin tidak kita sadari, menyimpan khasiat yang luar biasa. Inilah anugerah Allah yang mesti kita syukuri.

from Aku Islam http://ift.tt/2C49rXR
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/
loading...

0 Response to "Jahe Tanaman Istimewa Dari Surga"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.