Melihat Khasiat Multiguna Jahe

loading...
AkuIslam.id - Anda tahu Jahe? Ya, tanaman ini kerap di manfaatkan untuk berbagai kegunaan. Mulai dari minuman, bumbu hingga obat-obatan.

Saat cuaca dingin, jahe merupakan minuman tepat yang bisa menemani kita. Di samping bisa mengusir hawa dingin yang menyergap tubuh, mengkonsumsi Jahe juga snagat baik untuk menolak berbagai penyakit yang biasa datang pada musim penghujan, seperti flu, masuk angin dan sakit kepala.

Tak percaya, coba kita perhatikan kemasan jamu yang beredar di pasaran, hampir semua jamu untuk masuk angin yang bahan bakunya adalah Jahe.

Rasanya memang pedas, tapi zat-zat yang terkandung di dalamnya sangat berguna bagi tubuh manusia. Berbagai peneliti memaparkan bahwa rasa hangat yang dihasilkan saat mengonsumsi jahe dapat membantu jantung memompa darah lebih ringan hingga tekanan darah menjadi turun.

Begitu pula penyakit-penyakit akibat tidak beresnya kinerja jantung yang dapat diobati dengan jahe. Karena komponen yang paling utama adalah gingerol yang bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumapan darah.

Artinya, Jahe bisa mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke dan serangan jantung. Malahan, gingerol juga diduga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Segudang manfaat lain, jahe juga dapat membantu menetralkan efek negatif yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh lantaran jahe mengandung antioksidan. Dengan begitu, jahe dapat membantu tubuh melawan flu.

Jahe pun dapat membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan, yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

Jahe juga bisa mencegah mual, karena mampu memblokir serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual, termasuk mual akibat mabok perjalanan. Malahan sebuah penelitian menemukan bahwa Jahe sama efektifnya dengan vitamin B6 dalam mengatasi rasa mual dan muntah.

from Aku Islam http://ift.tt/2kUfUx9
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/
loading...

0 Response to "Melihat Khasiat Multiguna Jahe"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.