Olahraga Dulu, Baru Sarapan Atau Sarapan Dulu, Baru Olahraga???

loading...

Olahraga pagi akan menjadikan tubuh segar dan sehat. Sarapan, juga akan memberikan energi sehingga seseorang dapat beraktifitas dengan baik. Dari kedua hal diatas, manakah yang perlu dilakukan terlebih dahulu?

Beberapa studi menganjurkan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga. Dengan demikian, tubuh akan memiliki energi yang cukup untuk berolahraga dengan baik.

Internasional Journal of Sport Nutrition and Eercise Metabolism mempublikasikan sebuah hasil studi yang menjelaskan tentang makanan asin yang dimakan sebelum olahraga akan mencegah dihedrasi saat olahraga. Sebab, makanan asin akan menyumbang elektrolit yang sangat dibutuhkan saat tubuh mengeluarkan banyak cairan.

Selain itu, tubuh juga memerlukan asupan air yang cukup ketika berolahraga sehingga terhindar dari dehedrasi. Hal ini perlu dilakukan, karena dehidrasi saat berolahraga menimbulkan rasa cepat lelah, kram perut, bahkan gangguan pada fungsi organ.

Sebuah studi yang dilakukan di Inggris dengan melibatkan 12 pria menyimpulkan bahwa olahraga dan sarapan perlu dilakukan setiap pagi karena dapat membantu memperbaiki mood dan ingatan.

Tentu, sarapan itu sekedarnya saja. Sebab jika berlebihan, juga akan menggaggu efektifitas olahraga. Bahkan, olahraga ringan, tidak mesti harus sarapan terlebih dahulu!

Sumber; kompashealth. ilustrasi gambar: asalah.blogspot.com
loading...

2 Responses to "Olahraga Dulu, Baru Sarapan Atau Sarapan Dulu, Baru Olahraga???"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.