Ummu Al Mundzir, Dilindungi Dari Neraka

loading...
AkuIslam.Id - Bibi Rasulullah ini tergolong wanita pertama yang masuk Islam. Dia pun berkesempatan melakukan dua baiat. Sehingga, Rasulullah menjaminnya bebas dari neraka.

Ummu Al Mundzir termasuk salah seorang wanita yang pertama memeluk Islam dan berpartisipasi dalam dua baiat yang penuh berkah di hadapan Rasulullah. Sehingga, Ummul Mundzir diberi gelar Mubayi'at Al Baiatain yang artinya orang yang berbaiat dua kali.

Nama asli Ummul Mundzir adalah Salma binti Qais bin Amr bin Ubaid. Dia merupakan bibi dari Rasulullah Saw.

BAIAT PERTAMA

Dia mendatangi Rasulullah Saw dan langsung berbaiat kepada beliau bersama perempuan-perempuan Anshar. Dalam baiat itu, Rasulullah memerintahkan kepadanya untuk tidak menyekutukan Allah, tidak mencuri, tidak berzina, tidak membunuh anak-anak, tidak melakukan kebohongan besar, dan tidak menentang Rasul dalam kebaikan.

Ini dijelaskan dalam sabdanya, "Janganlah kalian menipu suami-suami kalian." Setelah Mundzir berbaiat pada Rasulullah, dia dan perempuan lainnya beranjak pergi.

Namun, timbul pertanyaan dalam diri Mundzir maksud dari menipu suami. Mundzir pun menanyakan hal ini pada perempuan yang lain. Perempuan tersebut bertanya pada Rasulullah. Rasul pun menjawab, "Kalian mengambil harta suami kalian, tetapi kalian melayaninya setengah hati." Seluruh kisah tersebut diambil dari Hadis Riwayat Ahmad.

BAIAT KEDUA

Baiat kedua dilakukan Ummul Mundzir ketika di bawah pohon. Baiat ini dikenal dengan Baiat Ar Ridwan yang terjadi pada tahun keenam Hijriyah. Ketika kaum musyrikin menahan Utsman bin Affan Ra di Makkah. Rasulullah pun menyeru kaum muslim agar berbaiat sesuai perintah Allah SWT. Salah seorang wanita yang menyegerakan perintah ini ialah Ummul Mundzir.

Dia menyambut perkataan Rasulullah bersama sekelompok sahabiyah lain yang rela mati. Dengan sikapnya tersebut, dia mendapatkan berita gembira berupa surga yang telah disabdakan Rasulullah Saw, "Tidak akan masuk neraka orang yang mengikat baiat di bawah pohon ini." (HR Bukhari).

DEKAT DENGAN RASULULLAH

Bibi Rasulullah ini berkesempatan mendapatkan hadiah khusus dari Rasulullah Saw. Salah satunya Rasulullah secara khusus sering mengunjunginya. Rasulullah juga sering makan di tempatnya dan selalu memuji makanan yang dimasak Ummul Mundzir mengandung berkah dan manfaat.

Ummul Mundzir bercerita, Rasulullah datang bersama Ali bin Abu Thalib yang baru sembuh dari penyakitnya. Ketika itu, dia memiliki buah anggur yang bergelantungan di pohonnya. Ketika itu, dia memiliki buah anggur yang bergelantungan di pohonnya. Rasulullah pun langsung memakan anggur tersebut dari pohonnya. Begitu juga Ali yang mengikuti Rasul untuk mendatangi pohon anggur tersebut.

Namun, Rasul melarangnya, "Jangan, kamu baru sembuh dari sakit." Seketika Ali berhenti. Kemudian, Ummul Mundzir pun berencana untuk memasak gandum dan lobak.

Setelah matang, Ummul Mundzir kemudian menyajikan makanan tersebut kepada Rasulullah. Kemudian, Rasulullah bersabda, "Wahai Ali, tuangkan makanan ini karena ini lebih berguna bagimu," (HR Abu Dawud dan Tirmizi).

Ummul Mundzir merupakan salah seorang perawi hadis Nabi yang suci, dan banyak orang yang meriwayatkan hadits darinya, di antaranya adalah Ya'qub bin Abi Ya'qub Al-Madani, Ayyub bin Abdurrahman, dan Ummu Sulaith binti Ayyub bin Al-Hakam.

from Aku Islam http://ift.tt/2qevg4X
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/
loading...

0 Response to "Ummu Al Mundzir, Dilindungi Dari Neraka"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.