Doa Agar Anak Rajin Shalat

loading...
AkuIslam.Id - Saya bingung dengan anak saya, sudah umur 9 tahun, tapi susah sekali di ajak salat. Setiap saya suruh, ada saja alasannya. Padahal berulang kali saya menasihati dia agar mau shalat dan belajar mengaji di masjid. Bahkan, karena begitu kesalnya, saya nyaris memukulnya.

Tentu saja hal itu pernah dialami oleh sebagian orang tua, dimana mendidik anak untuk mengenal agama memang terkadang gampang-gampang susah, ada yang ketika sudah besar baru mau ada yang memang sejak dari kecil sudah mau. akan tetapi semua itu harus dilalui dengan sabar tentunya dan terus mendoakan mereka.

Perlu diketahui bahwa mendidik anak itu tidak mudah, kalau membesarkan anak memang mudah, untuk itu karena anak sebagai amanah dari Allah.

Bahkan, Islam mengajarkan bahwa mendidik anak bukan hanya saat ia tumbuh dewasa, tapi sejak dalam kandungan, ketika lahir dan dewasa, pendidikan terus dilakukan. Rasulullah menyebutkan bahwa di antara hak-hak anak-anak terhadap ayahnya (orang tuanya) ialah ia mendidiknya dengan sempurna dan memberikan nama yang baik (HR Bukhari).

Untuk itu Rasulullah Saw bersabda: "Suruhlah anak-anakmu melakukan apa yang diperintah-Nya dan tinggalkan apa yang dilarang-Nya, karena yang demikian itu akan menjadi benteng bagi mereka dari api neraka," (HR Ibn Jarir).

Nah, terkait dengan mendidik anak dalam hal ibadah, khususnya shalat, Islam mengajarkan hendaknya kita mendidik dengan santun dan jangan sekali-kali memukul karena memarahinya.

Boleh memukul untuk mendidik dan karena sayang, tapi ingat, jangan sampai menyakiti secara berlebihan. Lalu, caranya bagaimana? Jawabannya tentu keteladanan. Untuk itu, contoh dari orang tua yang sabar dan ahli ibadah (termasuk shalat) adalah sangat penting.

Selain keteladanan, doa juga sangat penting. Untuk itu, orang tua tidak boleh putus asa mendoakan anak. Artinya, tidak boleh ditarget berapa lamanya, tapi harus sepanjang masa selalu mendoakan anak dengan ketulusan dan kesabaran, siapa tahu anak yang sekarang menggoda kita ternyata setelah dewasa dia lah yang mengangkat derajat kita dan yang membahagiakan kita.

Adapun zikir yang harus dibaca supaya anak rajin shalat terdapat di dalam surat Ibrahim (14) ayat 40. "Rabbij 'alnii muqimassholaati wa min dzurriyyatii robbanaa wa taqabbal du'aai."

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku."

Bacalah doa ini setiap hari setelah shalat 5 waktu.

from Aku Islam http://ift.tt/2DLpolp
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/
loading...

0 Response to "Doa Agar Anak Rajin Shalat"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.