Beberapa Hal Yang Membatalkan Puasa Anda

loading...
Bulan puasa ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat Allah dan ampunanNya. Seluruh ummat Islam di dunia melaksanakan kewajiban yang sangat utama di sisi Allah. Artikel kali ii saya kutip dari blog sahabat kita kucoba.com tentang Beberapa Hal Yang Membatalkan Puasa Anda. Bagi anda yang muslim tentu sangat penting mengetahui hal ini.


Seperti kita tahu bahwa Bulan Ramadhan adalah merupakan bulan di mana para umat islam atau muslim menjalankan dan melaksanakan rukun islam yang ke-4. Oleh karena itu kita wajib melaksanakan puasa, agar mendapatkan berkah. 


Tapi mungkin anda belum tahu tentang apa saja yang membatalkan puasa. Silahkan simak infonya berikut ini :

Di bawah ini saya jelaskan Hal-hal yang Membatalkan puasa :

1. Sengaja Makan dan minum. Kecuali jika dilakukan karena lupa maka tidak batal puasanya. 

2. Melakukan Jima' (bersenggama). 

3. Memasukkan makanan ke dalam perut. Termasuk dalam hal ini adalah suntikan yang mengenyangkan dan transfusi darah bagi orang yang berpuasa. 

4. Mengeluarkan sperma / mani dalam keadaan terjaga karena onani, bersentuhan, ciuman atau sebab lainnya dengan sengaja. Adapun keluar mani karena mimpi tidak membatalkan puasa karena keluarnya tanpa sengaja.

5. Keluarnya darah haid dan nifas. Manakala seorang wanita mendapati darah haid, atau nifas batallah puasanya, baik pada pagi hari atau sore hari sebelum terbenam matahari.

6. Sengaja muntah, dengan mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. 

Hal ini didasarkan pada sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. 

”Barangsiapa yang muntah tanpa sengaja maka tidak wajib qadha, sedang barangsiapa yang muntah dengan sengaja maka wajib qadha." (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi). 

Dalam lafazh lain disebutkan : 

"Barangsiapa muntah tanpa disengaja, maka ia tidak (wajib) mengganti puasanya)." DiriwayatRan oleh Al-Harbi dalamGharibul Hadits (5/55/1) dari Abu Hurairah secara maudu' dan dishahihRan oleh AI-Albani dalam silsilatul Alhadits Ash-Shahihah No. 923. 

7. Murtad dari Islam (semoga Allah melindungi kita darinya). Perbuatan ini menghapuskan segala amal kebaikan. Firman Allah Ta'ala: Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan. "(Al-An'aam:88). 

Adalah Tidak batal puasa orang yang melakukan sesuatu yang membatalkan puasa karena tidak tahu, lupa atau dipaksa. Demikian pula jika tenggorokannya kemasukan debu, lalat, atau air tanpa disengaja. Jika wanita nifas telah suci sebelum sempurna empat puluh hari, maka hendaknya ia mandi, shalat dan berpuasa.

Saya yakin sahabat muslim akan paham dengan penjelasan di atas tentang Beberapa Hal Yang Membatalkan Puasa Anda. Semoga bermanfaat.
loading...

1 Response to "Beberapa Hal Yang Membatalkan Puasa Anda"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.