Panduan Untuk Masuk Dunia Kampus

loading...
Bagi agan-agan yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi, ataupun memiliki buah hati yang akan meneruskan ke jenjang perkuliahan, dibawah ini kami sediakan panduan yang Saya saripatikan dari pengalaman pribadi.

Karena  Ujian Nasional SLTA sudah selesai dilaksanakan, tinggal menunggu pengumuman kelulusan. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan secara matang sebelum kuliah. Ini dia panduannya:

1. Survey Kampus
Sumber Gambar: jengker.com
Sebelum memutuskan untuk mengambil kuliyah di sebuah perguruan tinggi maupun swasta, alangkah baiknya calon mahasiswa/I melakukan survey ke beberapa perguruan tinggi yang dikehendakinya. Jangan sampai terpengaruh nama besar suatu kampus, tanpa dilihat sendiri seperti apa kenyataannya.

Tujuan dari survey itu adalah mengetahui kondisi kampus yang sesuai dengan keinginan. Jika kampusnya tidak sesuia dengan apa yang diinginkan atau digambarkan selama ini, maka aka nada rasa kecewa yang berakibat tehadap semangat menimba ilmu di kampus tersebut.

2. Memilih Jurusan
Sumber Gambar: resiresdiani.blogspot.com
Ini merupakan hal yang sangat penting untuk difikirkan dan dipersiapkan sebelum memasuki bangku perkuliahan. Sebab, jurusan ini akan menentukan masa depan seseorang.

Jurusan, haruslah sesuai dengan kemampuan dan cita-cita yang diinginkan. Ketika seseorang memiliki cita-cita menjadi sosiolog, maka jurusan yang harus diambil, tentu jurusan sosiologi. Jurusan yang tidak sesuai dengan cita-cita, akan menghambat perkuliahan dan tercapinya cita-cita. Maka pilihlah jurusan yang sesuai dengan keinginan hati nurani, keinginan cita-cita dan keinginan kemampuannya.

3. Mempersiapkan Mental
Sumber Gambar: duniadianita.wordpress.com
Kampus disebut juga miniature negara: ada presiden, gubernur dan berbagai karakter mahasiswa yang berbeda satu sama lainnya: Mahasiswa Biasa, Mahasiswa Aktifis, Mahasiswa Akademis, Mahasiswa Borjuis dan lain sebagainya.

Maka persiapan mental itu diperlukan agar ketika sampai di dunia kampus, tidak sampai kehilangan arah tujuan sebagaimana ditentukan sedari awal. Artinya, calon mahasiswa harus siap menerima berbagai pengaruh dari mahasiswa lainnya akan tetapi tetap pada komitmen untuk berkuliah secara sungguh-sungguh demi mendapatkan cita-cita yang diinginkan.

Tiga panduan diatas, merupakan hal yang sangat penting untuk dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum masuk dalam dunia kampus. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
loading...

0 Response to "Panduan Untuk Masuk Dunia Kampus"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.