4 Ketegasan Bung Karno hadapi Amerika dan Israel

loading...

Pada tanggal 20 Mei ini, sengaja saya akan postkan artikel yang berhubungan dengan bangsa Indonesia, karena telah diyakini oleh semua orang, bahwa tanggal 20 adalah hari kebangkitan nasional, meski ada juga yang mempertanyakan: Benarkah Kebangkitan Nasional Tanggal 20 Mei?

Ternyata, Indonesia dulu adalah negara yang merdeka dan tidak takut pada siapapun saja yang salah, bahkan kepada Amerika yang dikenal negara adidaya dan Israel, negara dengan banyak sekutu dan kekuatan. Dibawah ini adalah keberanian Soekarno terhadap siapaun saja yang salah:

1. Memaksa Eisenhower

Ketika tahun 1960-an, Soekarno mengadakan kunjungan ke Amerika. Akan tetapi sesampainya di Amerika, Soekarno tidak dijemput oleh presiden AS beliaupun marah tapi masih bisa ditahan. Amarahnya menuncak ketika Bung karno merasa dibiarkan menunggu terlalu lama.

Akhirnya, Dwight Eisenhowe, Presiden AS pada masa itu meminta maaf dan mulai ramah dan menghargai tokoh kemerdekaan kebangga kita ini.

2. Go to Hell with Your Aid

Soekarno adalah kepala negara Indonesia yang tidak mau meminta-minta kepada negara lain karena akan menghilangkan muka dan wibaya yang menerima bantuan itu.

Ketika Amerika Serikat mau memberikan bantuan kepada Indonesia, Soekarno dengan tegas menolak dan langsung mengatakan: Persetan dengan bantuanmu! Lautan dollar tiadak akan dapat merebut hati kami.

3. Pidato anti imperialism

Terhadap palestina yang diajajah Israel beliau memberikan dukungan bahwa Israel secara legal itu tidak ada. Dan soekarno memiliki tekad untuk menolak imperialism dan mendukung korban imperialisme dengan persenjataan.

4. Menolak Israel di Asian Games 1962

Bentuk lain dari dukungan terhadap Palestina ditunjukkan dengan mengusir Israel dari Asian Games tahun 1962 yang berlangsung dijakarta. Akibatnya, Komite Olimpiade internasional mengeluarkan Indonesia sebagai peserta di Olimpiade Tokyo.

Semoga kita dan para pejabat negri ini mau belajar pada Ir. Soekarno!

Referensi: Merdeka.com dan buku Soekarno: Penyambung Lidah Rakyat oleh Cindy Adam.
loading...

2 Responses to "4 Ketegasan Bung Karno hadapi Amerika dan Israel"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.