50 Keajaiban Tubuh Manusia (Bagian Pertama)

loading...
Sobat blog Seru dan Unik, tubuh kita diciptakan layaknya sebuah peta harta karun, yang apabila kita telusuri dan pelajari lebih dalam hanya akan menambah kekaguman dan rasa syukur kita akan kebesaran dan kemurahan Sang Pencipta. Bahkan para dokter dan ilmuwan kenamaan dunia pun tak mampu memahami sepenuhnya bagaimana cara tubuh ini bekerja, meskipun mereka telah menghabiskan bertahun-tahun usia mereka untuk mempelajarinya. Maha Besar Allah dengan segala kesempurnaan-Nya.


Nah, kali ini kita akan mencoba sedikit mengulik sebagian kecil dari keajaiban tubuh kita ini.

  • Sebenarnya tubuh kita dapat tetap bertahan hidup walaupun sebagian besar dari organ tubuh kita hilang. Semisal anda kehilangan lambung, limpa, 75% dari bagian hati, 80% dari panjang usus, satu buah ginjal, satu sisi paru-paru, dan organ-organ di dalam rongga panggul anda, anda akan tetap bertahan hidup, meskipun tentu tidak sesehat manusia dengan organ tubuh lengkap.
  • Selama kita hidup, kelenjar air ludah menghasilkan air ludah yang jumlahnya kurang lebih cukup untuk mengisi dua buah kolam renang ukuran sedang. Mungkin air ludah sering dianggap sepele, tapi taukah anda bahwa air ludah membantu pencernaan kimiawi di dalam rongga mulut? Hal itu pula yang membuat kita dapat merasakan nikmatnya sebungkus nasi padang atau sepotong pizza.


  • Sel terbesar di dalam tubuh manusia adalah sel telur (ovum), yang dihasilkan organ reproduksi wanita, indung telur (ovarium), pada saat masa subur. Sedangkan sel terkecil adalah sel sperma yang dihasilkan di dalam organ testis milik pria. Bahkan sel telur (ovum) adalah satu-satunya sel yang dapat dilihat dengan mata telanjang.
  • Otot terkuat yang dimiliki manusia bukanlah otot lengan (bisep dan trisep) milik binaragawan, melainkan otot lidah. Sedangkan tulang terkeras yang kita miliki adalah tulang rahang bawah (mandibula). Kita dapat mengangkat beban berat dengan kedua tangan bukanlah semata-mata berkat kekuatan otot lengan, melainkan karena adanya andil dari posisi sendi, tulang, dan tempat perlekatan otot lengan, bahkan posisi tubuh dan sudut kemiringannya menciptakan daya angkat yang luar biasa, hal tersebut dapat dihitung dengan rumus pesawat sederhana dan daya ungkit pada pelajaran fisika.
  • Kaki manusia tersusun atas 52 buah tulang-tulang kecil, dan jumlah tersebut merupakan 1/4 dari jumlah seluruh tulang di dalam tubuh manusia.
  • Kaki kita memiliki 500.000 buah kelenjar keringat dan dapat memproduksi lebih dari satu pint (0,568 liter) keringat perhari.
  • Asam lambung yang dihasilkan kelenjar di dalam lambung sesungguhnya cukup kuat untuk melelehkan pisau silet. Namun lambung kita dapat tetap utuh karena dinding lambung kita dilindungi oleh lapisan lendir (mukosa) dan karena sel-sel dinding lambung dapat beregenerasi begitu sering (setiap tiga hingga empat hari sekali).


  • Paru-paru manusia mengandung sekitar 2.400 km jalan udara dan 300-500 juta buah kantung udara (dengan luas seluruh permukaan 70 meter persegi, kurang lebih setara dengan luas setengah lapangan tenis). Dan apabila seluruh pembuluh darah kapiler (pembuluh darah halus) paru-paru disambung menjadi satu, panjangnya dapat mencapai 992 km.
  • Udara yang kita hembuskan saat bersin kecepatannya mnecapai 100 meter per jam, sedangkan kecepatan udara saat batuk mencapai 60 meter per jam.
  • Panas yang dihasilkan tubuh kita cukup untuk mendidihkan setengah galon air hanya dalam waktu 30 menit.


Kali ini cukup sekian dulu ya, sobat blog Unik dan Seru. Nantikan 50 fakta unik tentang keajaiban tubuh manusia bagian kedua. 
loading...

0 Response to "50 Keajaiban Tubuh Manusia (Bagian Pertama)"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.