Rajin Membantu Keluarga

loading...
AkuIslam.Id - Bekerja bukanlah hal yang memalukan, malam akan membuat seseorang lebih mandiri dan dapat menghargai usaha orang lain. Contoh saja Nabi Muhammad, meski meski kecil, beliau sangat rajin membantu pamannya.

Waktu berjalan dengan cepat, tak terasa sekarang Muhammad sudah berusia 10 tahun. Sampai saat itu, Muhammad masih diasuh oleh pamannya Abu Thalib. Sang paman merupakan tipe orang pekerja keras.

Ia, akan melakukan apapun untuk menghidupi keluarga, termasuk Muhammad. Melihat kegigihan sang paman dalam bekerja, Muhammad jadi tertarik ingin membantu sang paman.

Karena ia juga merasa iba melihat sang paman bekerja sendiri demi kesejahteraan keluarganya. Muhammad kecil mulai mencari cara agar bisa membantu dan meringankan pekerjaan pamannya. Kira-kira, apa yach yang dilakukan Muhammad?

IDE CEMERLANG

Suatu ketika, sebuah gagasan muncul di benak Muhammad. Ia berniat menggembalakan domba-domba sang paman. Dengan begitu, paman Abu Thalib bisa berhemat karena tak perlu membayar orang untuk menggembalakan domba-dombanya.

Secara tidak langsung, Muhammad bisa ikut membantu dan menyumbang pemasukkan untuk keluarga paman Abu Thalib. Muhammad pun menyampaikan gagasannya tersebut pada paman Abu Thalib. Sang paman terkejut dengan gagasan Muhammad kecil, ia pun langsung menolaknya.

Namun Nabi kita tak patah arang. Muhammad berusaha keras meyakinkan sang paman. Alhamdulillah, sang paman pun dapat luluh dan mengizinkannya untuk menggembalakan domba-dombanya. Sayangnya, bibi Fatimah menentangnya. Bagaimana bisa, anak yang ingin mereka jaga dengan hati-hati harus pergi dan mengurus hewan? Bibi Fatimah tak tega jika harus melihat Muhammad kecil seharian di bawah terik matahari gurun.

Karena sangat ingin melakukan pekerjaan itu, dengan tutur kata yang lembut, sopan serta manis. Muhammad kecil mengutarakan alasan cerdasnya pada sang bibi. Tak urung, akhirnya bibi Fatimah pun luluh hatinya dan merelakan Muhammad menjadi gembala.

Bagi Nabi Muhammad, bekerja bukanlah hal yang memalukan. Daripada bermalas-malas saja, lebih baik membantu orang-orang yang ada di sekitarnya.

RAJIN BEKERJA

Muhammad, termasuk anak yang tak suka berpangku tangan pada orang lain. Ia suka bekerja. Selama dengan pamannya, Muhammad akan mengurus domba-domba mereka. Setiap pagi, Muhammad kecil membawa domba-dombanya keluar desa menuju padang rumput. Di tempat itulah Muhammad menggembalakan domba-dombanya setiap hari.

Saat hewan-hewannya sedang merumput, Muhammad berteduh di bawah pohon sambil merenung. Ia sangat mengagumi Sang Pencipta yang sudah menciptakan langit yang dihiasai matahari dan bintang. Allah Yang Maha Esa, sudah menghiasai wajah bumi dengan ribuan bunga berwarna-warni.

Muhammad, juga mengamati gunung, batu dan tanaman yang sudah Allah SWT ciptakan. Ia berusaha memahami kebesaran Allah.

Hari-hari pun berlalu. Muhammad memang anak yang istimewa. Ia selalu dapat menemukan keindahan dalam segala sesuatu yang dikerjakannya dan tidak pernah mengeluh tentang apapun yang terjadi padanya.

Ia selalu memberikan kasih sayang dan juga selalu mendapatkan kasih sayang. Kasih sayang Muhammad memenuhi hati setiap orang.

from Aku Islam http://ift.tt/2BC19ta
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/
loading...

0 Response to "Rajin Membantu Keluarga"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.