Tahukah Anda, Kenapa Planet yang Kita Huni Bernama Bumi?

loading...


Selama manusia hidup, mungkin sedikit yang pernah bertanya-tanya dan mencari tahu kenapa planet yang kita tinggali ini dinamai Bumi. Dan memang belum ada teori valid tentang penamaan plenet kita ini.

Dalam Answer.com, ada dua teori penamaan bumi: Pertama,Kata Bumi berasal dari bahasa Ingrris kuno (Old English-Anglo Saxon), Eorthe. Eorthe sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Jerman Kuno (Indo-European), Erde yang bermakna daratan, permukaan, dasar dan sejenisnya.
Kedua, Dalam bahasa Mesir Kuno, Bumi disebut Plow yang berari seorang petani atau ladang tempat bertani.

Namun sebenarnya banyak teori yang mencoba menjelaskan asal-usul penamaan bumi: ada yang bilang berasal dari bahasa Ingrris modern, Earth sekitar tahun 1137. Namun sebelum kata Earth digunakan, sebelum tahun 725 digunakan nama Eorthe, Ertho, erda dari bahasa Jerman, aarde dari Bahasa Belanda dan Jord dari bahasa Swedia dan Noewegia.

Semua bangsa memiliki penamaan tersendiri untuk menyebut bumi: earth (bahasa Inggris modern), eorthe (Anglo-Saxon), ertho, erda, erde (Jerman kuno), jord (Swedia dan Norwegia), joro (mitologi Norse), plow (Mesir kuno), terra, tellus (bahasa latin), aardd (Arab), era, gaia (Yunani kuno), eretz, ha'aretz (Israel), jardar (Islandia), ereds (Aramaic), diqiu (China), chinkyuu (Jepang), jigu (Korea), try da (Vietnam), prthvi (India), lok (Thailand) dan bumi (Indonesia dan beberapa bangsa rumpun Melayu).

Sumber: merdeka.com

loading...

1 Response to "Tahukah Anda, Kenapa Planet yang Kita Huni Bernama Bumi?"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.