Pupuk & Penjernih Air Dari Baterai Bekas Oleh Siswa Indonesia

loading...


Pelajar Indonesia bisa dibilang mulai mengalami kemajuan. Setelah sebelumnya ada pelajar dari Lamongan dan Yogyakarta membuat penemuan penting, kali ini siswa kelas 3 SMAN 10 Malang kembali menemukan hal unik dan bermanfaat. Edwin Luthfi Saputra dan Steavanny, nama penemu itu menciptakan ‘B Interconnected Reactor’ yang dapat mengubah komponen baterai bekas, iron sulfat, cooper sulfat, manganese sulfat, litium sulfat dan zincsulfat menjadi kristal mineral. Padahalbekas baterai dikategorikan limbah B3, bahan berbahaya dan beracun.

B interconnected Reactor yang dirancang selama lima bulan dengan dana Rp. 200.000 terbuat dari tabung plastik bertekanan dengan diameter 20 cm, pompa, manometer, empat tabung kaca dan gelas plastik. Penemuan itu bisa digunakan untuk pupuk, penjernih air, sulemen makanan ternak dan diproyeksikan menjadi pengobatan kanker.

Karya itu berawal dari Edwin yang menemukan sekardus baterai bekas dirumahnya. Atas penemuan kreatif itu, keduanya meraih medali perunggu skaligus Special Award dalam ajang Internasional School Environment Project Olypiade di Oswego, New York, Amerika Serikat pada Junu lalu.

Sumber: tempo.co

loading...

1 Response to "Pupuk & Penjernih Air Dari Baterai Bekas Oleh Siswa Indonesia"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.