Mencegah Otak Berfikir Lambat

loading...
Sumber gambar: lintaszonabaca.blogspot.com

Serunique.com -- Kemampuan berfikir merupakan salah satu kelebihan manusia dibanding dengan makhluk lainnya. Dan otak adalah bagian dari tubuh yang berfungsi untuk membuat kita berfikir. Maka otak harus dirawat dengan baik.

Lambat berfikir tidak bisa dilepaskan dari daya ingat rendah: mudah lupa. Hal ini dapa mengganggu aktivitas keseharian. Misalkan, sulit memecahkan masalah yang tiba-tiba dating, atau lupa apa yang disampaikan guru, dosen dan atasan sehingga membuat tugas tidak bisa diselesaikan secara baik dan tepat.

Lambat berfikir, bisa disebabkan oleh factor internal dan eksternal. Factor internal berhubungan denga asupan gizi dan nutrisi sedangkan factor eksternal bisa karena kebiasaan atau lingkungan.

Dibawah ini adalah beberapa tips mencegah otak lambat berfikir:

1. Melakukan Gerakan Aktif

Oksigen dan Glaukosa merupakan makanan pokok otak. Oksigen dan Glaukosa terpompa ke otak hanya jika badan bergerak melalui darah. Apabila pekerjaan hanya menghabiskan waktu ditempat duduk,

Yang perlu disadari, cara kerja otak manusia dirancang untuk melakukan gerakan setiap hari, bahkan setiap menit. Ketika bergerak, darah akan terpompa ke otak untuk mengalirkan oksigen dan glukosa yang merupakan bahan bakar atau makanan utama otak. 


Apabila pekerjaan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat duduk dan jarang bergerak, maka otak cenderung pasif dan malas dalam mengolah informasi. Namun juga perlu diketahui, kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, minuman berlkohol, narkotika dan bergadang juga bisa menjadi penyebab lambatnya otak untuk berfikir.


2. Pasokan Air yang Cukup

Air sangatlah penting bagi tubuh, begitupun bagi aktifitas otak. Otak memiliki kandungan air 70%. Kekurangan air 1% dsaja ari bobot tubuh bisa berakibat bada lambannya aktifitas otak untuk berfikir. Kurangnya pasokan air ke otak akan menyebabkan kekuarngan oksigen yang berakibat pada sel-sel otak yang tidak aktif, tidak berkembang dan cenderung mengecil.

3. Jangan Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula

Diabetes bukan satu-satunya akibat dari terlalu banyak mengkonsumsi gula, akan tetapi lambat dalam berfikir juga merupakan akibat dari kelebihan asupan gula. Maka, asupan gula harusl;ah seimbang alias jangan terlalu banyak.

4. Hindari Polusi Udara

Polusi udara dapat memicu kerusakan otak sehingga mengganggu fungsi mengingat, berfikir dan kemampuan belajar. Akibatnya, kecerdasan manusia akan tereduksi.

Demikian tips mencegah otak agar tidak lambat berfikir. Semoga bermanfaat dan menambah kesuksesan kita semua berkat berfikir cepat dan tangkas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!


Sumber buku referensi: “Sulap Otakmu Bisa Berpikir Lebih Cepat”


loading...

2 Responses to "Mencegah Otak Berfikir Lambat"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.