50 Keajaiban Tubuh Manusia (Bagian Kedua)

loading...
Hai sobat Unik dan Seru, langsung saja yuk kita lanjutkan pembahasan mengenai keajaiban yang ada di dalam tubuh kita ini.


  • Tubuh kita mengandung ion mineral zat besi (Fe) yang cukup banyak untuk membuat satu buah paku sepanjang 3 inchi.
  • Kotoran telinga bukanlah sekedar kotoran, melainkan sangat penting untuk menjaga kesehatan telinga kita. Kotoran telinga melindungi bgian dalam telinga kita dari bakteri, jamur, kotoran yang masuk, dan bahkan serangga. Kotoran telinga juga berfungsi untuk melubrikasi liang telinga.
  • Tiap orang memiliki aroma tubuh yang khas dan berbeda dengan orang lain, kecuali bagi mereka yang dilahirkan kembar identik, mereka memiliki aroma tubuh yang sama. 


  • Gigi kita sebenarnya sudah mulai tumbuh sejak kita masih berada di dalam kandungan, yaitu sekitar 6 bulan sebelum kita dilahirkan. Hal ini pula yang menyebabkan mengapa sekitar satu dari tiap 2.000 bayi yang lahir tampak telah memiliki gigi saat dilahirkan.
  • Panjang kepala bayi mencapai 1/4 panjang total tubuh bayi, tetapi ketika telah berumur 25 tahun panjang kepala manusia hanya sekitar 1/8 dari panjang total tubuhnya. Hal ini disebabkan karena kepala manusia memiliki rasio kecepatan pertumbuhan yang lebih rendah dibandingkan dengan kecepatan pertumbuhan badan dan anggota gerak tubuh.
  • Seorang bayi dilahirkan dengan 300 buah tulang di dalam tubuhnya, tetapi ketika telah dewasa jumlah tersebut berkurang menjadi hanya 206 buah tulang. Beberapa buah tulang, misalnya bagian-bagian tulang tengkorak, perlahan-lahan akan saling berfusi (bergabung menjadi satu dengan bagian tulang lain) dan menjadi satu struktur tulang tengkorak.
  • Tidaklah mungkin seseorang dapat menggelitik dirinya sendiri. Hal ini disebabkan karena pada saat kita akan menggelitik diri kita sendiri, otak akan mengirimkan sinyal waspada pada anggota tubuh, sehingga sikap/posisi tubuh, kontraksi otot, dan respon sensoris telah disiapkan untuk menerima rangsang tersebut, pada akhirnya kita tidak akan merasa geli.
  • Hanya kurang dari 1/3 dari seluruh jumlah manusia yang memiliki penglihatan sempurna (visus 20/20), hal ini berarti hanya satu dari tiga orang yang dapat melihat dengan sempurna.
  • Hidung manusia dapat mengingat 50.000 jenis bau yang berbeda, dan wanita memiliki indera penciuman yang lebih tajam dari pria serta dapat mengingat seluruh bau-bauan tersebut dengan lebih baik.


  • Panjang seluruh pembuluh darah yag ada di dalam tubuh manusia apabila disambungkan menjadi satu dapat mencapai 60.000 mil.
  • Tiga hal yang paling sering muncul dalam mimpi seorang wanita hamil adalah katak, cacing, dan tanaman di dalam pot. Para peneliti masih belum mengetahui secara pasti penyebab hal ini, mereka memperkirakan hal ini kemungkinan disebabkan karena pengaruh perubahan hormonal selama kehamilan.
  • Usia rambut manusia rata-rata berkisar antara tiga hingga tujuh tahun, dan tiap hari manusia kehilangan sekitar 60 sampai 100 helai rambut. Tapi jangan khawatir, karena perubahan jumlah rambut anda baru akan dapat dilihat dengan mata telanjang apabila anda telah sekitar 50% dari seluruh jumlah rambut.


  • Sel otak manusia dapat menyimpan informasi hingga lima kali isi sebuah buku kumpulan ensiklopedi, otak menggunakan 20% dari seluruh oksigen yang terikat pada hemoglobin (sel darah merah) di dalam aliran darah manusia, sekitar 80% massa otak tersusun atas air, dan otak tidak dapat merasakan nyeri, otak hanya dapat mengirimkan sinyal rasa nyeri ke anggota tubuh atau organ yang dituju.
  • Gigi adalah satu-satunya bagian tubuh manusia yang tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri.
  • Ukuran bola mata manusia tidak pernah berubah sejak lahir, sedangkan ukuran hidung dan telinga akan terus bertambah.
Menarik ya, memang sungguh luar biasa ciptaan-Nya, dan benar bahwa tidak ada sesuatu pun yang Dia ciptakan tanpa memiliki suatu tujuan tertentu. Nantikan pembahasan keajaiban tubuh manusia selanjutnya ya sobat.
loading...

0 Response to "50 Keajaiban Tubuh Manusia (Bagian Kedua)"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.