Sikap Santun Menjauhkan Kesalahan

loading...
AkuIslam.ID - Tentunya sikap santun harus diterapkan dalam keseharian, dan tahukan Anda jika rupanya sikap santun tidak hanya membuat kalian disegani oleh banyak orang akan tetapi juga ada manfaat lain di baliknya.

Ilustrasi

Sikap santun akan menjauhkan seseorang dari kemungkinan bertindak salah. Dalam buku yang dituliskan, La Tahzan, 'Aidh al-Qarni memaparkan tentang perkataan seorang guru di Jepang.

Kepada murid-muridnya, sang guru berkata, "Mengalah itu ibarah pohon willow (pohon yang tegak dan kuat), dan tidak melawan itu ibarat pohon oak (pohon yang kerasa dan kokoh)."

Dalam praktiknya, mengalah tidak berarti kalah. Dan, tidak melawan belum tentu karena tidak berani.

Boleh jadi beginilah cara orang bijak bersikap. Seorang bijak ibarat air. Ia tidak berbenturan dengan batu cadas namun menggenanginya dari samping kanan dan kiri, dari atas dan bawah.

Inilah sifat seorang mukmin. Seperti kata sebuah hadits: "Orang mukmin itu ibarat tanaman yang masih kecil yang ditiup angin ke kanan dan ke kiri."

from Aku Islam I Berbagi Kebaikan Untuk Sesama https://ift.tt/2pADMIH
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/
loading...

0 Response to "Sikap Santun Menjauhkan Kesalahan"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.