Sedekah Untuk Atasi Masalah

loading...
AkuIslam.Id - Saya memiliki toko baju di Malang. Namun, penghasilannya tidak seberapa banyak. Bahkan, sering saya terpaksa mengutang karena untuk mencukupi kebutuhan anak-istri. Apa yang harus saya lakukan.

Besar kecilnya permasalahan adalah bentuk permainan pikiran, permainan perasaan. Setiap orang, punya masalah. kadang besar, kadang kecil. Sebenarnya, semua itu banyak tergantung permainan pikiran, permainan perasaan.

Coba saja lihat, pada bentuk permasalahan yang sama, situasi orang berbeda-beda. Persis seperti yang disebut tadi, ada yang sanggup mengatasi, ada yang tidak sanggup mengatasi. Karenanya diperlukan latihan untuk mengendalikan pikiran dan perasaan.

Minimal ada dua hal yang terkait dengan pengelolaan masalah, jika permasalahan terhadang, maka bangunlah kepasrahan kepada Sang Mahakuasa. Setelah itu, jalani kehidupan selanjutnya dengan kesabaran.

Kepasrahan adalah jalan terbaik ketimbang mengeluh. Kepasrahan akan menentramkan hati sekaligus melapangkannya. Adapun di antara makna sabar adalah menerima apapun kejadian dengan hati lapang, hati ikhlas, dan percaya bahwa Allah ada di balik semua hal.

Kelapangan dan keikhlasan dalam menyikapi problematika kehidupan akan membuat hati menjadi rileks dan pikiran menjadi jernih. Inilah sebagian dari cara mengelola keadaan ketika permasalahan hadir dalam kehidupan kita.

Selain itu, perbanyak sedekah. Menjadi biasa bila bersedekah, di kala senang, di kala kaya. Sebab, memang tidak ada yang istimewa, itu adalah keharusan. Justru menjadi aneh, bila di saat mampu, tidak mau berbagi. Maka, ketika kita mau bersedekah, mau mengorbankan harta kita, di saat tidak punya, saat terhimpit utang, maka nilainya sangat luar biasa di sisi Allah. Dan, inilah pembuka rezeki yang sebenarnya.

"Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan," (QS Ath-Thalaaq [65]: 7).

Semakin banyak kita bersedekah, maka semakin banyak Allah mendatangkan rezeki. Semakin mudah kita bersedekah, semakin mudah Allah mendatangkan pertolongan-Nya. Semakin ringan kita bersedekah, semakin ringan pula Allah membantu kita. Dan semakin tinggi pengorbanan kita, maka semakin besar pula kecintaan Allah kepada kita.

Rasulullah Saw bersabda: "Barang siapa yang ingin doa-doanya terkabul dan kesulitannya teratasi, hendaklah ia menolong orang yang dalam kesempitan." (HR Ahmad).

Dunia adalah milik Allah. Dekatkan semua yang pengen dunia, dengan pemilik-Nya. Supaya mereka tidak meminta dunia dari selain-Nya, dengan cara-cara yang tidak diridhai juga oleh Pemilik-Nya.

Supaya doa lebih maqbul lagi, maka perbanyak sedekah. Lebih dikabulkan juga jaga shalat fardhu berjamaah dan sebisa mungkin jauhi dosa, jauhi maksiat.

from Aku Islam http://ift.tt/2DNwKop
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/
loading...

0 Response to "Sedekah Untuk Atasi Masalah"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.