Kala Malaikat Protes Minta Diberi Nafsu?

loading...
AkuIslam.Id - Keberadaan manusia yang diberi nafsu oleh Allah SWT sempat diprotes malaikat. Keduanya pun minta diberi nafsu juga. Namun setelah dituruti, ternyata dua malaikat tersebut tidak mampu mengemban amanat.

Ilustrasi ( Foto @Source )

Allah SWT berfirman dalam Alquran, "...Dan, apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil, yaitu Harut dan Marut...." (QS al Baqarah (2): 102).

Asbabul Nuzul (sebab-sebab turunnya) ayat tersebut adalah kisah dua malaikat yang diberi nafsu oleh Allah SWT. Kedua malaikat itu bernama Harut dan Marut. Diceritakan bahwa saat malaikat iri melihat Nabi Adam hendak diturunkan Allah ke bumi untuk menjadi khalifah (pemimpin).

"Wahai Robb-ku, apakah Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu seorang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" begitu protes malaikat yang merasa sebagai makhluk paling mulia.

PROTES MALAIKAT

Allah berfirman, "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Malaikat itu terus protes. Mereka menginginkan dirinyalah yang diutus sebagai khalifah.

"Wahai Rabb kami, kami lebih taat kepadamu dari pada bani Adam," katanya.

Allah berkata kepada para malaikat, "Datangkan kepadaku dua malaikat dari malaikat-malaikat yang ada sehingga keduanya diturunkan ke bumi dan kita lihat bagaimana keduanya berbuat?"

Para malaikat berkata, "Wahai Rabb kami, turunkanlah Harut dan Marut".

Malaikat Harut dan Marut lantas segera turun ke bumi setelah dilengkapi dengan perangkat nafsu, sebagaimana yang terdapat pada manusia. Keduanya diperintahkan untuk senantiasa menyembah Allah SWT dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun, dilarang membunuh manusia yang diharamkan, memakan harta haram, mencuri, berzina, dan meminum khamar. Keduanya tinggal di bumi selama beberapa tahun  di antara manusia dengan benar.

Pada suatu zaman, terdapat seorang wanita yang kecantikannya di kalangan manusia amat termasyhur. Kedua malaikat itu sama-sama ingin memiliki wanita tersebut. Namun, wanita itu mengajukan syarat agar malaikat itu mau pindah ke agamanya.

"Kami tidak punya keinginan untuk menyembah ini." kata kedua malaikat itu menolak.

Setelah itu, keduanya berlalu dan menyembah kepada Allah SWT. Ketika wanita itu melihat dua laki-laki itu tetap tidak mau menyerah, ia berkata. "Jika kalian tetap menolah, pilihlah satu di antara tiga. Kalian menyembah berhala, membunuh manusia, atau minum khamar."

AZAB DUNIA

Keduanya memilih pilihan ketiga, yakni meminum khamar. Mereka pun akhirnya meminum khamar hingga mabuk. Setelah itu, keduanya berzina dengan wanita itu. Pada saat mereka melakukan perbuatan itu, seorang lelaki lewat di hadapannya. Karena keduanya merasa khawatir bahwa orang itu akan menyebarluaskan apa yang dilakukannya, mereka segera membunuhnya.

Begitu sadar dari mabuknya, keduanya segera menyadari kesalahannya dan ingin segera kembali ke atas langit. Namun, mereka tidak bisa melakukannya. Dengan demikian, penutup tabir rahasia antara keduanya dengan penghuni langit sudah terungkap.

Setelah kesalahan yang menimpa kedua malaikat itu terjadi, lalu dikatakan kepadanya, "Sekarang, pilihlah azab dunia atau azab akhirat."

Keduanya memilih azab dunia. Kemudian, keduanya ditempatkan di negeri Babil dan diazab dengan kedua kaki terikat. Keduanya berkata, "Azab dunia akan berakhir, sedangkan azab akhirat tidak akan pernah berakhir."

from Aku Islam http://ift.tt/2CAVv7b
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/
loading...

0 Response to "Kala Malaikat Protes Minta Diberi Nafsu?"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.