Asal Usul Praktek Shalat

loading...
AkuIslam.Id - Bukhari (810-870) dalam Shahih menceritakan bagaimana shalat diperintahkan pada awal mulanya. Sebagai ibadah wajib, shalat diperintahkan pertama kali pada malam kenaikan Isra' (QS. Al-Isra' : 17), ketika Nabi Muhammad dibawa oleh Malaikat Jibril ke surga teratas.

Ilustrasi Seorang Sedang Berdoa Usai Shalat ( Foto @U-Report )

Di sana Nabi Muhammad bertemu dengan Musa, Isa, Ibrahim, Adam dan tokoh - tokoh terkenal lainnya yang dianggap nabi oleh Kaum Muslim.

Muhammad, menurut Bukhari, dituntun ke tempat misterius di surga dan di sana, Allah memerintahkan Muhammad untuk melakukan lima puluh (50) shalat bagi kaum Muslim.

Tatkala Muhammad kembali ke bumi, beliau melewati Musa yang menanyakan kepadanya tentang jumlah shalat yang diperintahkan.

Ketika Musa mendengar jumlah shalat lima puluh, Musa lalu meminta Muhammad untuk kembali serta meminta Allah untuk mengurangi jumlah shalat, "Karena pengikutmu tak akan mampu menanggungnya."

Muhammad lalu melakukan usul Musa dan Allah mengurangi angka setengahnya. Musa sekali lagi, memberi tahu bahwa itu masih terlalu banyak.

Muhammad bolak - balik antara Allah dan Musa sampai Allah mengizinkan lima (5) shalat. Imam Bukhari mengakhiri anekdot menarik ini dengan mengutip hadits qudsi, "Ini adalah lima shalat dan semuanya setara dengan lima puluh dalam pahala karena firmanKu tidak berubah."

Semoga postingan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk dibantu di bagikan ke yang lainnya ya sahabat.


from Aku Islam http://ift.tt/2q1GTtX
Sumber KLIK Di Sini atau http://www.akuislam.id/
loading...

0 Response to "Asal Usul Praktek Shalat"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.