MALAIKAT KECIL KU MENINGGAL KARENA HAL SEPELE INI ! IBU..BAPAK JIKA KALIAN SEMUA TIDAK INGIN BERNASIB SAMA SAYA MOHON BERIBU MOHON LUANGKAN WAKTU ANDA UNTUK MEMBACA ARTIKEL INI ( TOLONG SEBARLUASKAN ARTIKEL BERMANFAAT INI )

loading...


Ada orang-tua yang mengasuh anak bayinya melalui langkah melempar-lemparkan ke udara lalu menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa. Atau mengguncang-guncangkan tubuh dan bahunya keras sambil berekspresi gemas. Jika anda lakukan demikian, jadi berhentilah segera. Apabila saksikan orang lain berbuat demikian pada bayi mereka, cegahlah, karena begitu beresiko untuk badan bayi.

Tahukah Anda? Lebih dari setahun waktu lalu nih sahabat, ahli kedokteran mengidentifikasi satu type penyakit yang serius pada bayi, namanya “Sindrom Kematian Mendadak” Satu diantara pemicunya ini yakni guncangan pada badan bayi. Begitu mengagetkan kan..

Di Jerman, rata-rata sekitaran 100 bayi setiap th. alami rusaknya kritis di otak karena mereka diguncang-guncang pengasuhnya. Laporan mengenai angka itu berdasar pada sensus dari unit penyakit langka anak-anak di Jerman. Asosiasi Dokter Anak di Jerman memperkirakan angka bayi yang alami trauma lantaran diguncang-guncang, sebenarnya lebih tinggi lagi.

“Guncangan keras selama lima detik saja sudah cukup untuk menyebabkan rusaknya fungsi-fungsi otak, ” kata profesor Hans-Juergen Nentwich, anggota dewan direktur asosiasi itu. ”

Mengapa guncangan pada bayi bisa bermuara pada kematian?

Menurut ahli kedokteran tadi, ini karena bayi yang masih begitu muda belum bisa menahan kepalanya sendiri karena otot lehernya yang lemah. Mengakibatkan, jika bayi terguncang tubuhnya, kepalanya bakal bergoyang ke depan dan belakang.

Goyangan ini yang mengakibatkan rusaknya otak dan pendarahan di dalam otak dan pada permukaan otak, hingga dapat menyebabkan masalah serius pada otak sang bayi, dan dapat mengakibatkan masalah yang jalan permanen, seperti : 




1. Rusaknya otak
2. Cerebral palsy
3. Kebutaan
4. epilator * dan
5. Sulit bicara
6. Sulit belajar
7. Sulit koordinasi
8. Serangan jantung
9. Keterbelakangan mental

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dijauhi beserta tips menghindar : 

- Janganlah pernah mengguncang badan bayi di bawah umur 3 th., dengan alasan apa pun juga.

- Waktu Anda menggendong bayi anda, jangan sampai lupa selalu untuk menyangga kepala bayi anda dengan tangan.

- Katakan utamanya melindungi kepala bayi Anda pada pengasuh bayi anda.

- Pastikan biasanya orang yang dekat dan sering menggendong bayi anda ketahui benar bahayanya seorang bayi jika diguncang-guncang atau digoyang.

Pada sebagian orang anak bahkan juga dapat menyebabkan kematian. Ini dikenal dengan shaken-baby-syndrome. Mengapa beresiko?

Bayi memiliki kepala makin besar di banding dengan anggota badan yang lain, dan otot lehernya tetap masih lemah. Jika diguncang, kepalanya bakal tersentak ke depan dan ke belakang. Hentakan-hentakan itu bakal mengguncang otak dan merusaknya. Pembuluh darah kecilnya bakal turut rusak, mengakibatkan pendarahan di otak dan sekitarnya, dan di mata bayi.

Kemungkinan terbesar yakni pada bayi dibawah 1 th., tetapi tak tutup kesempatan dapat jalan di usia yang makin besar. Yang perlu diwaspadai yakni guncangan-guncangan ini dapat jalan justru waktu kita asik bermain dengan sang bayi.

Karena itu ada beberapa permainan dan aktivitas yang perlu dijauhi untuk mencegahnya, salah satunya : 

1. Melempar bayi ke udara.
2. Lari-lari sambil membawa bayi di punggung atau di kepala.
3. Kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, naik ke kaki dan digoyang-goyang).
4. Memutar bayi.

Jangan sampai lupa mengingatkan orang-orang di sekitar Anda ya, sharing informasi ini sampai terbaca oleh saudara, pengasuh, kakek-neneknya, juga tetangga tidak untuk mengguncang bayi.
loading...