Tradisi Idul Fitri di Berbagai Negara

loading...

Idul Fitri adalah perayaan yang dirayakan oleh seluruh indonesia dari berbagai kalangan atau kelompok. Perayaan lebaran yang dalam kebudayaan bangsa kita disebut Lebaran memiliki kebudayaan yang berbeda-beda antara satu negara dan negara lainnya. Ini Dia:

1. Australia
Di Australia, ketika perayaan idul fitri tiba, beberapa perusahaan memberikan toleransi kepada karyawan Muslim untuk medapat libur. Selain itu, jalan-jalan umum bisa dijadikan tempat melaksanakan Shalat Ied.

2. Arab Saudi
Warga Arab Saudi merayakan Idul Fitri dengan hal yang berbau kesenian, seperti teater, baca puisi, parade, dan pertunjukan musik. Rumah-rumah dihias sedemikain rupa.

3. China
Budaya lebaran di China memiliki kemiripan dengan Muslim Indonesia: mengunjungi makam leluhur untuk membersihakn, membaca doa. Pria muslim memakai jas khas dan kopiyah, sedangkan wanita memakai baju hangat dan kerudung setengah tutup. Tradisi doa juga dilakukan dalam rangka menghormati ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan Revolusi Budaya. Hari itu juga merupakan hari libur.

4. Turki
Jika di Indonesia kita menyebut Idul Fitri dengan Lebaran, di Turki disebut dengan Seker Bayram yang berarti Festival gula. Hal itu dikarenakan saat idul fitri tiba, meraka saling mengantarkan manisan. Sedangkan anak-anak bersalaman dan bersujud kepada orang tuanya, seperti halnya Indonesia meraka juga akan mendapatkan hadiah. Setelah itu, anak-anak itu akan menerima ciuman dipipi sebagai tanda kasih sayang.


Sumber: Infospesial.net

loading...

0 Response to "Tradisi Idul Fitri di Berbagai Negara"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.