Subhanallah, Adzan Tidak Pernah Berhenti Berkumandang Sepanjang Waktu di Seluruh Dunia

loading...

Adzan merupakan peranda masuknya waktu shalat. Pertama kali, adzan dikumandangkan saat fathu mekkah, sedangkan diperintahkannya Bilal untuk melafadzkan Adzan merupakan awal mula disyariatkannya adzan sebelum shalat. Ternyata, adzan tidak pernah berhenti diseluruh penjuru bumi.

Adzan berkumandang lima kali sehari dalam waktu yang tidak sama. Di Indonesia saja, setiap kota memiliki waktu sholat yang berbeda dari Sabang sampai Merauke. Adzan Subuh berkumandang di Sulawesi Timur pada jam 5.30 waku setempat dan kemudian terus bergerak ke arah barat Indonesia dengan perbedaan antara WIB dan WIT sekitar 1 jam. Satu jam pasca adzan berkumadang di Sulawesi, adzan segera terdengar di Jakarta, kemudian Sumatera.

Adzan di Indonesia belum selesai dikumandangkan, di Malaysia, kemudian diikuti Burma, adzan kemabli bergema di Dacca, Bangladesh. Pasca itu, adzan berkumadang di India bagian Barat, dari Kakuta, Ke Srinager dan diteruskan ke Bombay dan sluruh India. Sedangkan Srinagar dan Sialkot, sebuah kota di Pakistan Utara memiliki waktu adzan yang sama.

Perbedaan antara Sialkot, Karachi dan Gowadar adalah 40 menit. Dalam waktu tersebut adzan fajar telah terdengar di Pakistan. Sebelum adzan berakhir disana, Adzan sudah terdengar di Afghanistan dan Muscat.

Perbedaan waktu antara Muscat dan baghdad (Irak) adalah satu jam. Setelah itu adzan akan berkumandang di Hejaz (Mekkah-Madinah), Yaman, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Irak.
Perbedaan waktu antara baghdad dan Iskandariyah (Mesir) adalah satu jam. Selama jam tersebut, adzan juga berkumandang di Siria, Mesir, Somalia dan Sudan. Sedangkan Iskandariyah dan Istanbul (Turki) memiliki letak geografis yang sama.

Perbedaan waktu antara Turki bagian barat dan Turki bagian Timur adalah setengah jam. Iska ndariyah dan Tripoli (ibukota Libya) terletak di lokasi waktu yang sama.
Adzan terus bergema di seluruh Afrika. Sebelum adzan sampai di Atlantik, adzan Dzuhur sudah berkumandang di Indonesia bagian timur (WIT) dan sebelum mencapai Decca, adzan Ashar sudah berkumandang.

Saat Adzan Ashar bergema di jakarta, satu setengah jam kemudian, adzan maghrib mengalun. Magrib memasuki wilayah Sumatera, adzan Isya’ sudah berkumandang di Sulawesi.

Saat adzan subuh berkumandang di Indonesia, di Afrika sedang berkumandang adzan shalat Isya’. Adazan terus bergema tidak berhenti selama 24 jam diseluruh dunia.


Sumber: http://www.infospesial.net/27715/fakta-adzan-tidak-pernah-berhenti-berkumandang-di-dunia/

loading...

1 Response to "Subhanallah, Adzan Tidak Pernah Berhenti Berkumandang Sepanjang Waktu di Seluruh Dunia"

  1. Subhanallah.. Ternyata kalau kita lebih teliti dan memperdalam agama islam.. indah luar biasa !

    BalasHapus

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.