Wow, Jari Patah Bisa Tumbuh Lagi!

loading...

Mamalia memiliki kemampuan luar biasa untuk regenerasi ujung jari yang hilang, termasuk kuku, saraf dan bahkan tulang. Pada manusia, jari yang di amputansi dapat tumbuh kembali dalam waktu dua bulan.

Para peneliti di NYU Langone Medical Center menerbitkan subuah hasil penelitian berbentuk makalah di Nature menggunakan tikus hasil rekayasa genetik sebagai objek penelitian . hasil penelitian memberitakan pencerahan agar tubuh mampu meregenerasi tungkai tulang yang hilang.

"Semua orang tahu bahwa kuku terus tumbuh, tapi tidak ada yang benar-benar tahu mengapa,  Juga tidak banyak mengerti tentang hubungan antara pertumbuhan kuku dan kemampuan regeneratif tulang dan jaringan di bawah kuku, " kata Mayumi Ito, PhD, asisten profesor dermatologi di Ronald O. Perelman Departemen Dermatology di NYU School of Medicine.

Saat ini, Dr Ito dan timnya telah menemukan petunjuk penting dalam proses ini: populasi memperbarui sel induk dalam matriks kuku, bagian dari ujung kuku yang kaya saraf dan pembuluh darah yang merangsang pertumbuhan kuku. Selain itu, para ilmuwan telah menemukan bahwa sel-sel induk tergantung pada beberapa protein yang dikenal sebagai "jaringan Wnt signaling," yaitu  sebuah protein yang memainkan peran penting dalam regenerasi rambut dan jaringan.

"Ketika kita memblokir jalur Wnt, sinyal pada tikus dengan ujung jari diamputasi, kuku dan tulang tidak tumbuh kembali seperti biasanya. Bahkan lebih menarik, para peneliti menemukan, bahwa mereka bisa memanipulasi jalur Wnt untuk merangsang regenerasi tulang dan jaringan hanya di luar ujung jari.

"Amputasi sebesar ini biasanya tidak tumbuh kembali," kata Dr Ito. Temuan ini menunjukkan bahwa sinyal Wnt sangat penting untuk regenerasi ujung jari, dan menunjukkan jalan untuk terapi yang bisa membantu orang meregenerasi tungkai hilang.

Diperkirakan 1,7 juta orang di Amerika Serikat hidup dengan amputasi. Langkah selanjutnya, tim ini adalah memperbesar mekanisme molekuler yang mengontrol bagaimana jalur sinyal Wnt berinteraksi dengan sel-sel induk kuku untuk mempengaruhi pertumbuhan tulang dan kuku.


Sumber: www.realitypod.com

loading...

1 Response to "Wow, Jari Patah Bisa Tumbuh Lagi!"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.