Nama-nama Indonesia di Masa Lalu

loading...


Sebelum ‘Indonesia’ dijadikan sebagai nama bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia, negara kepulauan ini memiliki nama lain yang digunakan oleh orang-orang dahulu kala:

1. Hindia
Pencipta nama Hindia adalah seorang ahli ilmu sejarah asal Yunani, Heredotus (484-425 SM) yang juga dijuluki sebagai Bapak Ilmu Sejarah. Baru kemudian Plotomeus (178-100 SM), seorang ahli ilmu bumi yang memberikan nama Hindia pada negara kepulauan kita ini. Pada tahun 1498 M, Vasco da Gama asal Portugis berhasil mendarat dikepulauan ini, dan jadilah nama Hindia terkenal ke berbagai penjuru dunia.

2. Netdherlandsc Oost-Indie
Kedatangan Belanda untuk yang pertama kalinya ke Indonesia pada tahun 1596 telah membuat penjajah tersebut tertarik untuk mengusai kekayaan alamnya. Setelah proses penjajahan dilakukan, orang-orang Belanda memberi nama Nederlandsch Oost-Indie untuk negri ini.

3. Insulinde
Insulinde berasal dari perkataan Insulair, Insula, Indus. Dalam bahasa Yunani, Insula berarti pulau sedangkan Indus bermakna Hindia. Artinya, Insulinde adalah Pulau Hindia.

Penamaan nama Insulinde dilatar belakangi oleh kebencian Eduard Douwes Dekker (Multatuli) atas nama yang diberikan  Belanda, Nederlandsch Indie. Multaluti dalam bukunya, Max Havelaar yang terbit sekitar tahun 1860 memberikan nama tersebut dan kemudian di populerkan oleh Prof. P.J. Veth.

4. Nusantara
Di Perpustakaan India Kuno, ditemukan sebuah data yang menyebut negri ini Nusantara. Nusantara berarti pulau-pulau diantara benua-benua. Dalam kitab Negarakertagama disebutkan, Nusantara adalah pulau-pulau diluar pulau jawa.

5. The Malay Archipelago
Sekitar tahun 1854-1682, Alfred Russel Wallace berkunjung ke negara kita dan pada tahun 1869, ia kemudian member nama tempat yang dikunjunginya itu (Indonesia) dengan The Malay Archipelago. “Malay” artinya Melayu sedangkan “Archipel” berasal dari bahasa Yunani “Archipelagus.” The Malay Archipelago berarti menguasai laut atau berarti kumpulan pulau-pulau Melayu.


Sumber : tahukahkamu.net
loading...

0 Response to "Nama-nama Indonesia di Masa Lalu"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.