Gigi Sehat, Ginjal Anda Selamat

loading...

Serunique.com – Agan dan Agawati pecinta Blog Berita Aktual dan Unik, judul tulisan diatas menunjukkan bahwa gigi memiliki kaitan dengan ginjal. Bukan hanya itu, banyak penyakit yang berawal dari penyakit gigi dan mulut, begitulah kata drg Martha Mozartha.

Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit yang berawal dari penyakit gigi, namun tidak di sadari oleh penderita. National Kidney Foundation menyebutkan bahwa satu dari Sembilan orang dewasa di Amerika Serikat menderita penyakit Ginjal Kronik yang bisa memperngaruhi tekanan darah dan kesehatan tulang sehingga berpotensi kepada penyakit jantung atau gagal ginjal.

Drg Martha Mozartha dalam tulisannya menyebutkan, penyakit periodontal, penyakit pada jaringan pendukung gusi menimbulkan peradangan jaringan dan infeksi. Penyakit periodontal tersebut menyebabkan kerusakan tulang dan kegoyahan gigi sehingga harus dicabut.

Journal Of Periodontology mempublikasikan hasil penelitian yang menyebutkan, orang dewasa yang tidak memiliki gigi terancam menderita penyakit ginjal kronik. Penelitian yang dilakukan Case Western Reserve University tersebut, melibatkan 4053 berusia 40 tahun keatas. Hasilnya, dari 4053 orang yang diteliti tersebut, yang tidak memiliki gigi lengkap atau tidak sama sekali, lebih rentan terkena penyakit ginjal kronik dari pada yang bergigi lengkap.

Hasil penelitian lain yang dilakukan oleh Medical University Polandia, menemukan bahwa penyakit Periodontitis  banyak ditemukan pada penderita ginjal kronik.

Oleh karena itulah, jagalah kesehatan gigi anda, anak, istri dan semua keluarga anda sejak dini, agar terhindar dari penyakit gigi bernama periodontal/periodontitis yang ternyata berpotensi besar menjadi penyakit gagal ginjal.


Sumber: drg. Martha Mozartha di klikdokter.com

loading...

0 Response to "Gigi Sehat, Ginjal Anda Selamat"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.