Daftar 5 Gunung Tertinggi di Dunia

loading...
Pengertian / Arti Definisi Gunung:

Dalam artikata.com Gunung didefenisikan sebagai bukit yg sangat besar dan tinggi, biasanya tingginya lebih dr 600 m. akan tetapi dari referensi lain disebutkan sebagai tanah yang menonjol ke atas lebih tinggi daripada wilayah di sekitarnya yang terbentuk akibat adanya gerakan lempeng tektonik, gerakan epeirogenik atau gerakan orogenik.

Berikut di bawah ini adalah daftar nama gunung, tinggi dan letak lokasi geografisnya :

1.      Gunung everest

Gunung Everest atau juga disebut dengan gunung Sagarmatha dan Chomolungma berada di negara Nepal, Cina. Jika diukur dari paras laut, gunung ini merupakan gunung paling tinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 8.848 meter.


Akan tetapi jika di pandang dari angkasa, Chimborazo di Ecuador lah puncak paling tinggi di dunia.
2.      Gunung K2


Gunung ini berada di negara pakistan dan cina, tepatnya di bagian Karakoram dari Himalaya antara Pakistan dan RRC dengan ketinggian 8.611 meter (28,251 kaki). Gunung Godwin Austen atau K2 merupakan gunung tertinggi ke-2 setelah Gunung Everest. Gunung K2 juga disebut Gunung Godwin Austen, orang yang pertama kali memanjatnya. Selain itu pegunungan ini juga dinamai Qogir, Lamba Pahar, Dapsang, Kechu, Ketu, dll.

3.      Gunung Kangchenjunga


Terletak di negara Nepal dan India yang memiliki tinggi 8.586 meter (28.169 kaki) merupakan gunung tertinggi ke-3. Gunung ini terdiri dari 5 puncak, sehingga dinamakan Kangchenjunga yang berarti Lima Harta Karun Salju.
Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant.

4.      Gunung Lhotse.

Dengan ketinggian mencapai 8.516 meter (27.940 kaki) , Gunung Lhotse menempati urutan ke-4 dalam daftar Gunung tertinggi sedunia. Gunung ini berada di negara Nepal dan Cina.

5.      Gunung Makalu

Terletak hanya 19 km tenggara Gunung Everest di negara Nepal dan Cina. memiliki tinggi 8.485 meter. Makalu merupakan gunung tertinggi ke-5 di dunia. Gunung ini memiliki bentuk yang unik yaitu berupa piramida empat sisi.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuana bagi pecinta blog cerita aktual, unik dan aneh ini. 

Diolah dari berbagai sumber
loading...

1 Response to "Daftar 5 Gunung Tertinggi di Dunia"

  1. Informasinya bagus gan buat nambah pengetahuan. Terimakasih banyak

    BalasHapus

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.