Berkenalan Lebih Dekat dengan Jantung Anda

loading...
Sobat blog Seru dan Unik, kita dapat merasakan jantung kita berdenyut setiap saat tanpa henti, tapi pernahkah terlintas di dalam pikiran anda apakah yang sebenarnya terjadi di dalam sana? Dan apakah yang membuat jantung anda dapat tetap berdenyut?

Salah satu organ penyokong utama kehidupan kita memang merupakan organ yang kecil tetapi kompleks. Nah, kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai jantung dalam bahasa yang ringan, seperti penjelasan yang telah disampaikan oleh dr. Richard Krasuski, seorang  direktur dari Pusat Pelayanan Jantung Bawaan sekaligus staf Kardiologi di Cleveland.


Bagaimana jantung anda bekerja?

Jantung berdenyut sekitar 100.000 kali dalam sehari. Jantung memompa darah sebanyak 2.000 galon ke seluruh tubuh melalui 60.000 mil pembuluh darah untuk member makan jaringan dan organ tubuh. Jantung anda (dalam keadaan normal) berukuran tidak lebih dari kepalan tangan anda. Setiap gangguan yang menyebabkan kerusakan, baik pada otot jantung ataupun pada katub jantung, akan menyebabkan gangguan pada kemampuan pompa jantung, dan hal ini akan memaksa jantung anda untuk bekerja lebih keras demi memenuhi kebutuhan darah dari seluruh tubuh. Oleh karena itu, bantulah kerja jantung anda dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang serta dengan berolahraga secara teratur.


Apa itu serangan jantung?

Jantung pada pria dan wanita tidaklah sama. Ukuran jantung pria lebih besar, memiliki berat sekitar 10 ons, sedangkan jantung wanita memiliki berat kurang lebih 8 ons. Ketika wanita mengalami serangan jantung, gejala yang dirasakan seringkali bukanlah rasa nyeri dada kiri yang khas yang telah dikenal banyak orang, tetapi dapat hanya berupa keluhan mual dan ingin muntah, atau rasa nyeri/pegal di daerah bahu hingga lengan.

Penyakit jantung masih merupakan salah satu pembunuh utama saat ini. Lalu bagaimana upaya pencegahannya? Yaitu dengan menghindari merokok dan asap rokok, menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol darah dengan pola makan yang sehat dan olah raga teratur. Dan apabila anda merasakan keluhan segeralah periksa ke dokter.


Tertawalah, karena tertawa baik untuk jantung anda.

Para ahli setuju dan menganjurkan anda untuk tertawa demi kesehatan jantung anda. Karena pada saat anda tertawa, dinding pembuluh darah anda akan menjadi lebih rileks dan melebar, dan itu berarti bahwa anda telah meringankan beban kerja jantung anda dengan memompakan darah 20% lebih banyak ke seluruh tubuh. Jadi, tertawalah yang sehat dan hindari stres.





Stres dan hari Senin.

Angka kejadian serangan jantung yang terjadi pada hari Senin lebih tinggi daripada hari lain dalam seminggu. Saat anda stres tubuh akan memproduksi hormon kortisol, dan menurut hasil penelitian, kadar hormon ini akan naik lebih awal pada hari Senin. Ketika hormon ini dilepaskan ke aliran darah, plak kolesterol pada dinding pembuluh darah anda dapat lepas, kemudian gumpalan plak kolesterol tersebut akan ikut aliran darah dan dapat menyumbat pembuluh darah yang diameternya lebih kecil, salah satunya adalah pembuluh darah koroner yang mendarahi jantung. Hal ini akan semakin diperparah dengan naiknya tekanan darah dan denyut jantung yang juga akan terjadi saat anda stres.

Hindarilah stres dengan manajemen waktu yang baik, bekerjalah dengan hati, lakukan pekerjaaan sesuai dengan apa yang anda senangi, jika anda terpaksa bekerja di bidang yang kurang anda suka berusalah mencari hal yang menyenangkan di tempat anda bekerja, carilah teman-teman baik, tekuni hobi anda di sela-sela waktu yang anda miliki, berkumpul bersama keluarga, berolahraga, atau bila perlu ikutilah kelas yoga dan meditasi untuk membantu merilekskan pikiran anda.


Jagalah keharmonisan rumah tangga anda.

Memiliki kehidupan rumah tangga yang sehat dan bahagia dapat menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung hingga setengahnya. Menurut salah satu hasil penelitian di Inggris, berhubungan suami istri tiga hingga empat kali seminggu dapat melindungi pria dari serangan jantung dan stroke, sedangkan untuk wanita manfaatnya belum dapat dipastikan. Namun memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia tentu merupakan penangkal stres yang ampuh. Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu aktivitas olah raga yang baik karena dapat membakar hingga 80 kalori per setengah jam.

Adanya keluhan reproduksi bisa jadi merupakan salah satu tanda peringatan mulai adanya gangguan pada jantung. Beberapa peneliti sependapat bahwa impotensi (gangguan ereksi pada pria) dapat menjadi pertanda akan adanya perkembangan menuju penyakit jantung pada lima tahun yang akan datang.



Jadi sobat, marilah kita selalu menjaga kesehatan dengan mulai membiasakan pola hidup sehat mulai saat ini. Hidup sehat juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Sang Pencipta, dan manfaatnya tentu kita sendiri yang akan menikmatinya.
loading...

0 Response to "Berkenalan Lebih Dekat dengan Jantung Anda"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.