Air, Sumber Kehidupan Manusia

loading...
Air putih, baik yang sobat rebus sendiri, atau sobat beli dalam bentuk air mineral dalam kemasan, atau bahkan sobat dapatkan melalui alat suling modern yang saat ini banyak dijual, tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Selama ini mungkin kita hanya menganggap bahwa air putih hanya berfungsi sebagai pemuas dahaga. Namun sebenarnya air putih memiliki manfaat lebih dari itu.




Setiap hari kita kehilangan cairan tubuh melalui penguapan keringat lewat kulit, penguapan uap air yang dikandung udara pernapasan, serta melalui buang air kecil dan air besar. Jumlah cairan tubuh yang hilang ini harus diganti agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Ketika jumlah cairan yang hilang lebih banyak daripada jumlah cairan yang masuk, saat itulah anda mengalami dehidrasi.

Kehilangan cairan tubuh akan meningkat pada kondisi lingkungan dengan suhu yang lebih tinggi (misalnya pada daerah beriklim tropis), ketika aktivitas fisik meningkat, pada daerah dataran tinggi, dan pada orang tua, karena pada orang tua rasa haus seringkali tidak atau kurang dirasakan.

Sumber cairan yang kita butuhkan sehari-hari bukan hanya berasal dari air putih atau minuman lain yang kita minum saja, tetapi juga berasal dari air yang terkandung di dalam menu makanan kita sehari-hari, termasuk dari sayur dan buah (20% dari jumlah cairan yang kita konsumsi sehari-hari berasal dari makanan).

Sobat blog Seru dan Unik, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa manfaat pentingnya minum air untuk kehidupan kita sehari-hari.


Menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Sebanyak 60% tubuh kita tersusun atas air. Fungsi cairan tubuh ini sendiri meliputi fungsi pencernaan, fungsi absorpsi (penyerapan) zat-zat yang dibutuhkan tubuh, fungsi sirkulasi (peredaran) zat-zat penting tersebut ke seluruh tubuh, untuk produksi air liur, fungsi transportasi atau pembawa zat gizi, dan sebagai salah satu komponen pengatur suhu tubuh.

Otak akan berkomunikasi dengan ginjal untuk mengatur jumlah cairan yang akan dikeluarkan dan yang akan tetap disimpan. Ketika tubuh anda mengalami kekurangan cairan, yang pertama kali otak lakukan adalah mengirimkan sinyal rasa haus yang membuat anda ingin minum. Segeralah minum ketika anda haus. Anda dapat minum apapun, air putih, jus buah, susu, kopi, apapun kecuali alkohol. Anda harus menghindari alkohol karena alkohol hanya akan mengganggu komunikasi antara otak dengan ginjal, sehingga otak tidak dapat mengirimkan informasi kepada ginjal bahwa tubuh sedang dalam keadaan kekurangan cairan, akhirnya ginjal akan terus membuang cairan melalui urin dan keadaan dehidrasi akan semakin berat.


Mengontrol kalori harian.

Salah satu cara menghindarkan diri dari mengkonsumsi makanan-makanan tinggi kalori ketika merasa lapar adalah dengan minum air dan makan makanan berserat tinggi yang tinggi kandungan airnya. Makanan yang memiliki kadar air dan serat yang tinggi diantaranya adalah buah, sayur, oatmeal, dan kacang-kacangan.




Memberikan energi bagi otot.

Salah satu penyebab kelelahan otot adalah sel otot yang sedang berada dalam kondisi gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit. Cairan sel sangat dibutuhkan dalam proses metabolise sel. Minumlah air sebelum dan selama anda berolahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang terkuras, hal ini akan membantu anda agar tetap merasa segar dan tidak mudah lelah, sehingga anda dapat berolahraga lebih lama dan kalori yang terbakar lebih banyak.


Menjaga keindahan kulit anda.

Sebagian dari kulit anda juga terdiri atas air, sehingga keadaan dehidrasi akan membuat kulit anda kering dan mudah keriput. Apabila anda ingin agar kulit anda selalu terlihat segar, minumlah air yang cukup setiap harinya. Anda juga dapat memakai moisturizer atau pelembab untuk mencegah penguapan air berlebih melalui kulit, sehingga menjaga agar kulit tidak tampak kering.


Menjaga kesehatan ginjal.

Salah satu fungsi cairan tubuh yang paling penting adalah membawa sampah sisa metabolism keluar dari sel. Nitrogen urea darah, sampah utama tubuh yang larut dalam air, akan dibawa melalui darah untuk disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urin. Ketika kebutuhan cairan tubuh anda terpenuhi, urin yang keluar akan berwarna kuning muda, bening, encer, dan bau yang tidak terlalu menyengat. Namun ketika tubuh anda sedang berada dalam keadaan dehidrasi, ginjal akan mencegah pengeluaran air berlebih, sehingga urin yang dihasilkan akan lebih pekat, berwarna lebih tua, dan bau yang lebih menyengat. Selain itu air juga berfungsi untuk melarutkan Kristal-kristal yang mengendap di dalam saluran ginjal yang dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal.


Menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Air juga berperan penting dalam proses pencernaan dan mencegah konstipasi atau sulit buang air besar. Air bersama serat akan membantu usus anda mencerna makanan dengan lebih baik.




Nah sobat, memang benar ya bahwa Tuhan tidak menciptakan sesuatu pun yang tidak ada gunanya. Seperti air putih yang sehari-hari kita minum ternyata memiliki fungsi yang sangat penting. Selalu cukupilah kebutuhan cairan anda, minum cukup saat anda makan, apabila anda tidak terlalu menyukai air putih anda dapat minum jus buah, makan sayur dan buah, selalu bawa botol berisi air minum sebagai bekal.
loading...

0 Response to "Air, Sumber Kehidupan Manusia"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.