Rahasia di Balik Secangkir Kopi

loading...
Sejak abad ke-9 Masehi kopi telah mulai dinikmati oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Pemasok utama kopi saat itu adalah Ethiopia, baru kemudian bangsa Arab memperluas perdagangan kopi sampai ke seluruh dunia. Saat ini kopi telah menjadi sebuah gaya hidup dan konotasi sosial masyarakat modern. Kafe dan resto yang menjual berbagai macam jenis sajian kopi pun bermunculan di mana-mana, dan telah menjadi tempat yang umum dijadikan masyarakat modern untuk bertemu dengan klien kerja atau sekedar hang-out bersama sahabat.



Mungkin banyak dari sobat blog Seru dan Unik yang juga merupakan penggemar kopi. Mari kita simak beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang kopi.


Kopi dapat menurunkan resiko kematian.

Menurut hasil berbagai hasil penelitian tahun 2012, kopi dinyatakan dapat memperpanjang usia harapan hidup orang dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kencing manis. Penelitian serupa ternyata juga telah dilakukan pada tahun 2008, para ahli menyatakan bahwa responden yang minum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari, baik yang berkafein atau tidak (decaffeinated), memiliki resiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Kopi dapat menjaga kesehatan sistem reproduksi.

Pada tahun 2011 para ahli meneliti tentang manfaat kopi untuk sistem reproduksi baik pria maupun wanita. Hasil dari peneletian tersebut menunjukkan bahwa pria yang minum enam cangkir kopi sehari memiliki resiko kanker prostat 20% lebih rendah daripada mereka yang tidak minum kopi. Penelitian lain yang dimuat dalam sebuah Jurnal Cancer Epidemioloy, Biomarkers, and Prevention menunjukkan bahwa wanita yang minum empat cangkir kopi atau lebih dalam sehari memiliki resiko kanker rahim (endometrial cancer) 25% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Kopi dapat mencegah perkembangan penyakit Diabetes Mellitus tipe 2.

Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menemukan adanya kandungan bahan di dalam kopi yang dapat membantu memblok substansi di dalam tubuh manusia yang disebut human islet amyloid polypeptide. Substansi tersebut telah dikenal sebagai tersangka utama yang berperan dalam perkembangan penyakit Diabetes Mellitus. Sejumlah penelitian lain juga telah membuktikan bahwa kopi dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit Diabetes Mellitus.

Kopi dapat membantu melindungi otak anda.

Para peminum kopi memiliki ketahan otak yang lebih kuat terhadap Dementia dan penyakit  Alzheimer, demikianlah hasil dari penelitian pada tahun 2009. Penelitian lain yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa hanya dengan mencium aroma kopi tingkat stress yang berkaitan dengan sulit tidur dapat menurun.




Kopi dapat membantu proses penyembuhan setelah operasi usus besar.

Anda mungkin telah sering mendengar bahwa pasien yang baru saja menjalani operasi usus baru boleh makan setelah kentut. Hal ini sebenarnya menunjukkan bahwa fungsi normal dari saluran pencernaan pasien tersebut perlahan-lahan mulai kembali berfungsi secara normal. Salah satu hasil penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat mempercepat proses kembalinya fungsi normal sauran pencernaan tersebut.

Kopi baik untuk kulit anda.

Meminum kopi dapat membantu anda mencegah kanker kulit. Sebuah penelitian yang fokus pada manfaat kafein dan telah dimuat di dalam Jurnal Cancer Research menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko kanker kulit jenis basal cell carcinoma yang lebih rendah.

Kopi dapat menjaga kesehatan mulut.

Penelitian yang baru-baru ini dilakukan menunjukkan hasil bahwa orang yang mengkonsumsi empat cangkir kopi atau lebih dalam sehari memiliki resiko kematian akibat kanker mulut 50% lebih rendah daripada yang tidak mengkonsumsi kopi. Penilitian ini dilakukan pada rsponden selama rentang waktu 25 tahun.

Kopi dapat membantu memperkuat otot dan DNA anda.

Sebuah penelitian yang dimuat di dalam Jurnal Cell Metabolism menemukan bahwa kopi memberikan efek yang hampir sama dengan efek latihan/olah raga pada molekul DNA di dalam otot manusia.




Ternyata kopi memiliki banyak manfaat ya sobat, jadi jangan takut untuk mulai mengkonsumsi kopi. Tapi sobat blog Seru dan Unik juga perlu mengetahui bahwa ada beberapa kondisi yang tidak diperbolehkan minum kopi. Wanita yang sedang hamil, pasien yang sedang menjalani terapi IVF (In Vitro Vertilization, terapi untuk infertilitas), para penderita Insomnia atau sulit tidur, dan penderita depresi. Anak-anak juga sebaiknya tidak diberikan minum kopi, tunggulah sampai mereka cukup besar. Untuk penderita penyakit jantung tidak mutlak harus menjauhi kopi, kebanyakan orang mungkin takut akan efek kafein pada kopi untuk kesehatan jantungnya, tetapi hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata kopi memiliki efek yang positif terhadap perkembangan penyakit jantung.

loading...

0 Response to "Rahasia di Balik Secangkir Kopi"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.