Kunci Diet Sehat dan Ampuh

loading...
Apakah saat ini sobat blog Seru dan Unik merasa kelebihan berat badan? Atau ingin tampil lebih menarik dengan memiliki tubuh yang lebih ramping? Atau mungkin sobat adalah pribadi yang sadar akan kesehatan dan ingin selalu menjaga berat badan ideal?




Segala sesuatu yang berlebih tentu tidak baik, demikian pula asupan kalori harian, karena hal ini akan berdampak pada meningkatnya Index Massa Tubuh di atas normal dan pada akhirnya akan mengundang berbagai macam penyakit gangguan metabolisme tubuh. Demikian pula dengan kebiasaan diet yang terlalu ketat membatasi asupan makanan harian, terlebih lagi bila masih ditambah dengan olah raga atau latihan berat yang bertujuan ingin menurunkan berat badan secara cepat.




Sebelum kita bahas bagaimana cara diet yang tepat, sebaiknya sobat blog Seru dan Unik perlu mengetahui terlebih dahulu status Index Massa Tubuh anda. Rumus menghitung Index Massa Tubuh adalah:
Berat Badan (kg) / (Tinggi Badan x Tinggi Badan) (m2)
Interpretasi dari hasil perhitungan Index Massa Tubuh tersebut adalah:
Underweight/Kurus  < 18.50
Normal                    18.50 – 24.99
Overweight/Gemuk  ≥25.00
Obesitas grade 1      ≥30.00-34.99
Obesitas grade 2      ≥35.00-39.99
Obesitas grade 3      ≥40.00

Bagaimana hasil Index Massa Tubuh anda? Mungkin selama ini pola diet yang anda jalani belum tepat. Nah, kali ini mari kita bahas bagaimana cara diet yang tepat.




Minum banyak air mineral.

Tubuh kita seringkali salah membedakan antara haus dan lapar. Jadi ketika anda sudah makan tetapi merasa masih ingin memasukkan sesuatu untuk dimakan, minumlah air, dan air dingin lebih baik. Apabila anda termasuk orang yang tidak terbiasa minum banyak air mineral, cobalah minum jus buah tanpa tambahan gula, atau dengan gula low-fat atau non-fat sugar secukupnya.


Tambahkan banyak sayur dan buah pada menu makanan anda.

Daripada anda merasa tertekan dengan pikiran “Lalu apa yang harus saya makan?  Terlalu banyak makanan yang harus saya kurangi dan hindari,” lebih baik anda fokuskan pikiran dengan menambahkan banyak sayuran dan buah-buahan ke dalam menu makanan harian anda untuk menggantikan makanan penuh lemak jenuh. Jadi apabila anda merasa lapar, minumlah air dingin, bila masih lapar, makanlah sayuran dan buah-buahan sebanyak-banyaknya. Hal ini akan menghilangkan rasa lapar, membuat anda kenyang lebih lama, sekaligus memberikan asupan serat sehat yang baik untuk pencernaan anda.


Pahami kapan saat lapar yang sebenarnya.

Lapar adalah saat tubuh anda benar-benar membutuhkan ‘bahan bakar’, jadi apabila sebenarnya anda hanya merasa ingin makan dan bukan merasakan lapar yang sebenarnya, rasa ingin makan itu tidak akan pernah terpuaskan. Ingatlah bahwa lambung anda hanya sebesar kepalan tangan anda, jadi makanan sebesar kepalan tangan anda sebenarnya sudah dapat mengisi lambung anda hingga penuh. Tanda bahwa anda makan ketika saat benar-benar lapar adalah anda tidak akan merasa kekenyangan, penuh, mengantuk, dan lelah setelahnya. Apabila anda merasakan hal-hal tersebut, maka anda telah makan di saat anda sebenarnya masih kenyang. Makanlah secara teratur tiga kali sehari dan berhentilah makan sebelum anda merasa kenyang, persis seperti yang Rasulullah ajarkan.




Jangan makan sembarang camilan di malam hari.

Mulut akan semakin ingin mengunyah pada malam hari setelah makan malam ketika anda beristirahat dan mulai benar-benar merasa rilex. Jangan biasakan makan camilan di malam hari, karena begitu anda membiasakan diri untuk makan sembarang camilan, anda akan sulit menghentikannya. Selalu isi perut anda dengan air dingin, sayur, dan buah.


Puaskan makan makanan favorit anda (cukup sekali sehari).

Apabila anda memiliki makanan favorit yang anda merasa harus memakannya setiap hari, maka makanlah makanan tersebut sekali sehari, pilihlah satu waktu di antara tiga waktu makan anda. Rasa puas telah makan makanan favorit anda secara otomatis akan menekan keninginan anda untuk terus mengunyah.


Jika ingin makan bersama teman-teman, makanlah di luar rumah.

Ketika anda ditraktir atau mentraktir teman-teman anda, pilihlah tempat di luar rumah. Karena dengan makan di luar rumah tentu anda akan lebih membatasi porsi yang anda pilih, baik karena alas an harga, gengsi akan terlihat rakus, atau alas an pribadi lainnya.


Bila anda benar-benar orang yang sering lapar, seringlah makan, tapi dengan porsi sedikit.

Meminimalkan asupan kalori dan membakar lebih banyak kalori tubuh adalah kunci penting untuk menurunkan berat badan. Hasil penilitian menunjukkan bahwa orang yang makan lebih sering (empat hinggga lima kali sehari) tapi dengan porsi masing-masing yang lebih sedikit akan menurunkan nafsu makan. Jadi apabila anda merasa makan tiga kali tidaklah cukup, bagilah porsi tiga kali makan tersebut menjadi empat atau lima kali makan.


Sertakan protein dalam tiap kali makan.

Protein mebuat anda lebih lama kenyang dibandingkan dengan karbohidrat atau lemak. Bila anda tidak memiliki gangguan ginjal atau penyakit metabolism protein yang lain, pilihlah diet tinggi protein dan rendah karbohidrat dan lemak. Jumlah protein yang cukup akan membuat anda tetap kenyang, membangun massa otot, dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh. Sumber protein yang baik diantaranya adalah putih telur, yoghurt, keju, dan kacang-kacangan.


Tambahkan bumbu dan rasa pedas sesuai selera anda.

Tambahkan rasa pedas sesuai dengan selera lidah anda. Rasa pedas akan membuat sel pengecap di lidah anda lebih merasa puas setelah makan, sehingga akan mengurangi keinginan anda untuk terus mengunyah.


Selalu sediakan makanan dan camilan sehat di dapur atau kulkas.

Hal ini akan mengindarkan anda dari memesan makanan yang tidak sehat dari luar ketika tiba-tiba anda merasa lapar.





Pilih porsi kecil.

Ketika anda makan di rumah atau di luar rumah, selalu pesan dan pilih porsi kecil. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan piring yang lebih kecil, dengan demikian porsi yang kecil sekalipun akan tetap terlihat banyak.


Makanlah buah saat musimnya.

Seringkali yang membuat anda kurang suka pada sayur atau buah adalah karena rasanya yang relative hambar. Maka makanlah buah saat musim produksinya, karena buah yang dihasilkan pada saat musimnya memiliki rasa yang terasa jauh lebih nikmat.


Jangan makan saat anda merasa stress.

Saat anda sedang berada di ambang stress, anda akan mencari pelarian yang akan membuat anda merasa lebih tenang dan senang, salah satunya adalah makan. Jangan manjakan anda dengan kebiasaan ini, carilah pelarian lain, misalnya dengan ambil air wudhu kemudian sholat atau berdoa pada Tuhan, berbincang dengan sahabat atau orang yang anda cintai, dengarkan music atau menonton film, atau hal lain favorit anda, kecuali makan.


Aktif secara fisik.

Dengan rajin berolahraga anda akan merasa jauh lebih bugar, bersemangat, anda dapat tidur lebih nyenyak, dan anda membakar kalori lebih banyak. Jadikan olah raga sebagai salah satu kegiatan rutin harian anda.


Bagaimana sobat, sudah siap untuk langsung mencoba tips di atas dan mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bentuk yang lebih indah?
loading...

0 Response to "Kunci Diet Sehat dan Ampuh"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.