Inilah 6 Jenis Ngorok, Ada Ngorok Gempa Bumi Loh !

loading...
Serunique.com - Saya mau bercerita dulu tentang dunia ngorok mengorok ( maaf bukan menggorok ya ). Alkisah, kata istri dan anak-anak, saya ini termasuk ahli ngorok yang dahsyat kalau lagi tidur. Bahkan kadang mereka sampai takut kalau lagi bangun pada malam hari dan mendengar suara ngorokku yang tembus ke dinding rumah. Kok bisa tembus ? Tempat aku tinggal adalah berdinding kayu dan tripleks. Jadi suara ngorok sangat nyaring terdengar.

Saya tidak percaya dengan auman ngorokku itu. Karena tidak percaya saya suruh mereka membuktikan. Yaitu mereka saya suruh merekam dengan memakai hanphone saat saya tidur. Mereka - katanya - dengan takut-takut merekam ngorok yang aku "bunyikan". Ehhhh he he he, jadi malu. Benar saja. Saya sendiri terus terang masih kurang percaya dengan ngorok yang "cetar membahana badai" di dalam hasil rekaman tersebut.

Itu tadi hanya cerita, jangan dimasukkan dalam hatimu. He he he. Rupanya bunyi ngorok yang mengganggu terbagi atas berbagai jenis, yaitu dibedakan dari suara maupun penyebabnya. Ngorok ada yang suaranya biasa saja, ada juga ngorok yang menggelegar hingga menembus tembok China eh salah tembok dan dinding. Jadi ingin tahu beberapa jenis ngorok, silahkan simak penjelasannnya berikut ini dikutip dari eocommunity.com :

Pertama : Ngorok Gempa Bumi
 

Ngorok Gempa Bumi ? Ngorok yang unik dan mengerikan ya. Ternyata tidak hanya gempa bumi saja yang bisa membuat dinding bergetar, suara dengkuran atau ngorok pun kadang diibaratkan mampu ‘menggetarkan’ dinding saking kerasnya. Ngorok ini suaranya bisa menembus dinding sehingga terdengar dari kamar sebelah.

Biasanya Ngorok jenis ini diakibatkan oleh sleep apnea atau henti napas saat tidur. Akibatnya adalah kualitas tidur berkurang, sehingga seseorang jadi ngantukan di siang hari. Banyak yang bahkan mengaitkan gangguan ini dengan risiko sakit jantung, stroke dan impotensi. Adapun Penyebab utamanya adalah kegemukan.

Kedua Ngorok Wasit
 
 
Ini jenis ngorok yang unik, Ngorok Wasit. Dengkuran yang bunyinya layaknya peluit wasit sepakbola atau tukang parkir menunjukkan adalah polip maupun gangguan yang membuat ukuran kedua lubang hidung tidak simetris. Tandanya adalah jika salah satu lubang hidung ditutup, maka lubang yang satunya sulit bernapas dengan lancar. Biasanya, kemampuan mencium bau juga berkurang.

Biasanya jika ngorok atau dengkurannya masih ringan masih bisa diatasi dengan mengatur posisi tidur. Akan tetapi jika sangat mengganggu, maka butuh rekomendaso dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Ketiga Ngorok Pemabuk
 

Ngorok Pemabuk ini adalah ngorok yang hanya terjadi ketika seseorang mengonsumsi alkohol sebelum tidur. Alkohol disebut-sebut bisa membuat lemah otot tertentu termasuk otot pernapasan, sehingga mengendur saat tidur dan berbunyi saat dilalui udara pernapasan.

Terkadang, ngorok jenis ini muncul juga pada seseorang yang tinggal serumah dengan perokok aktif. Asap rokok diketahui bisa mengiritasi tenggorokan sehingga saluran napas mengalami pembengkakan. Oleh karena itu jadi lebih sempit, maka lebih mudah ngorok.

Keempat Ngorok Babi
 
Bukan hanya pentol saja ada pentol babi tapi ngorok juga ada yang bernama ngorok babi. Ngorok babi adalah merupakan jenis ngorok paling klasik. Bunyinya hampir tidak menyisakan jeda. Ngorok ini biasanya dialami oleh orang-orang dengan lingkar leher di atas 44,5 cm atau saat tidur tengkurap.

Penyebab utama dari ngorok jenis ini adalah kegemukan, begitu kata Bhik Kotecha dari Royal National Throat, Nose and Ear Hospital. Adanya kelebihan lemak di sekitar leher menjadi penyebab penyempitan jalan napas, sehingga bergetar saat dilalui udara. Solusinya adalah mengurangi berat badan. Memperbaiki posisi tidur dengan bantal yang tepat juga bisa mengurangi dengkuran.

Kelima Ngorok Musiman
 

Adapaun jenis ngorok yang satu ini hanya terjadi sesekali dan tidak bisa diprediksi kapan munculnya. Bisa penyebabnya adalah penyumbatan saluran napas karena alergi. Biasanya terjadi pada penghuni rumah yang memiliki hewan peliharaan. Bisa juga dipicu oleh debu dan kotoran karena pemilik rumah jarang bersih-bersih.

Keenam Ngorok Star Wars
 

Ngorok Star Wars kalau diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi ngorok perang bintang. Wah wah wah. Terkadang, suara dengkuran atau ngorok terdengar agak serak mirip seperti suara tokoh Darth Vader di film fiksi ilmiah Star Wars. Adapaun penyebabnya adalah dagu yang lemah, sehingga posisi rahang menekan jaringan lunak di belakang tenggorokan. Saluran napas menyempit, sehingga bergetar saat dilalui udara pernapasan.

Jalan keluar untuk ngorok jenis ini adalah pemasangan Mandibular Advancement Device untuk mendorong rahang ke depan. Pemasangan alat ini bisa dikonsultasikan ke dokter.

Bagaimana rekan dan sobat Unik dan Aneh SerUnique.com, sudah jelas kan termasuk jenis ngorok anda ? Yang jelas anda tidak akan tahu, karena anda sedang tidur jadi tidak seperti apa ngorok anda. Maka ajaklah teman anda untuk mendengarkan ngorok anda lalu suruh mereke membaca artikel ini. Jadi jelas khan. Semoga terhibur.
loading...

0 Response to "Inilah 6 Jenis Ngorok, Ada Ngorok Gempa Bumi Loh !"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.