4 Smartphone Terbaik dan Keren di Tahun 20116

loading...
Tahun 2016 adalah tahun di mana banyak sekali peristiwa terjadi, baik yang positif maupun negatif. Namun jika kita bertanya kepada industri smartphone, tentu 2016 adalah tahun yang menakjubkan.

Berbagai tipe smartphone diluncurkan oleh produsen smartphone, berlomba-lomba jadi yang terbaik, dan benar, banyak smartphone dengan titel terbaik muncul di 2016. Tentu dengan banyaknya smartphone dengan titel tersebut, Anda akan bingung untuk memilih yang mana yang cocok untuk Anda.

Kali ini merdeka.com akan mencoba menelaah berbagai kebutuhan Anda akan smartphone, dan memberi jawaban smartphone mana yang terbaik sesuai kebutuhan tersebut. Berikut ulasannya.

Smartphone terbaik dengan harga yang juga terbaik: One Plus 3T

lensaterkini.web.id - OnePlus 3T adalah smartphone yang mengerikan. Bagaimana tidak, smartphone ini punya performa gahar dengan Chipset Quallcomm Snapdragon 821 dan RAM jumbo 6GB, baterai yang juga kuat, sensor pemindai sidik jari yang sangat cepat, kamera yang solid, layar tajam dan bodi metal yang sangat kuat.

Dengan performa dari aspek apapun yang menyamai flagship papan atas, OnePlus 3T hanya dibanderol harga 439 Dollar, atau 5,8 juta Rupiah. Sangat jauh dibanding harga flagship dari produsen lain yang bahkan harganya bisa di atas 10 juta jika sudah dikurskan ke Rupiah.

Masalahnya hanya satu: OnePlus sudah resmi mundur dari pasar Indonesia, dan kita tak bisa mendapatkan perangkat OnePlus di Indonesia. Persoalan regulasi terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) ponsel 4G yang menjadi biang dari hengkangnya mereka. Vendor smartphone luar yang belum mampu memenuhi aturan TKDN, perangkat 4G keluaran vendor tersebut harus dikunci teknologi LTE-nya, menyisakan 3G/2G saja.

Namun, tak menutup kemungkinan juga jika ada perubahan regulasi, pihaknya akan kembali hadir. Sebagai ganti, Anda bisa cek Moto G4 Plus yang meski memiliki power tak seciamik OnePlus 3T, namun masih punya performa yang mantap dengan harga yang juga sangat murah.

Smartphone terbaik untuk pecinta Android: Google Pixel dan Pixel XL

Google Pixel dan Pixel XL adalah smartphone pertama yang didesain dan dibuat oleh Google. Dibedakan oleh ukuran dan juga resolusi layar, dua smartphone ini berada dalam naungan Google dan secara eksplisit disebut sebagai 'Phone by Google.'

Kedua model Pixel dimotori oleh prosesor Snapdragon 821 dan juga Android 7.1 Nougat terbaru. Dari segi hardware, kedua smartphone Pixel dibuat dari aluminum dengan perpaduan kaca yang mengelilingi kamera, flash serta fingerprint sensor yang disebut 'Pixel Imprint.' Kedua layar smartphone ini mengusung AMOLED, keduanya mengusung 4GB RAM, USB-C, pilihan storage 32 atau 128 GB, Bluetooth 4.2, serta 3.5mm headphone jack. Dalam iklan komersialnya, Google menekankan keberadaan headphone jack, seakan-akan hal tersebut merupakan sentilan terhadap Apple.

Pixel adalah smartphone pertama yang dilengkapi oleh Google Assistant. Konsep Google Assistant hanyalah dengan menekan lama tombol home, dan mengatakan kata kunci dan Assistant akan muncul. Dari demo yang dilakukan, sang aplikasi asisten bisa 'diperintah' untuk melihat kembali foto dari waktu dan tempat tertentu, serta bisa memainkan musik yang Anda minta untuk mainkan, dengan memilih musik dari aplikasi pilihan Anda secara default.

Kamera adalah hal yang juga diunggulkan Google di Pixel. Bagaimana tidak dengan bangga Google menyebutkan bahwa kamera dari Pixel dan Pixel XL mencetak nilai 89 di DxOMark, situs analisis kamera terpercaya. Angka ini adalah rating tertinggi dalam dunia kamera smartphone.

Mengusung resolusi 12.3 megapixel dengan 1.55-micron pixels dan bukaan f/2.0, Google mengklaim bahwa kamera yang diusung Pixel memiliki 'waktu terpendek untuk mengambil gambar dari semua mobile kamera manapun.'

Fitur utama dalam kamera adalah Smartburst, yang mampu memilih gambar paling tajam dari banyak gambar yang diambil secara cepat. Selain itu terdapat juga fitur HDR+ yang merupakan algoritma pengambilan seri gambar dengan berbagai tingkat kecerahan, yang menghasilkan sebuah gambar HDR.

Fitur yang paling diunggulkan dari kamera Pixel adalah fitur video stabilization berbasis gyroscope, yang secara 'ajaib' mampu mengambil video dengan stabil meski kita tidak menggenggamnya dengan baik. Dengan berbagai fitur ini, Google tak segan-segan melabeli Pixel sebagai smartphone terbaik saat ini.

Smartphone terbaik untuk pecinta fotografi: Apple iPhone 7 Plus

lensaterkini.web.id - Sejuta pesona telah ditunjukkan Apple dengan rilisnya iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Namun salah satu aspek paling hebat dari iPhone 7 adalah kamera. Hal ini lebih baik lagi di versi jumbo dari iPhone 7, iPhone 7 Plus.

iPhone 7 Plus memiliki kamera yang luar biasa dan menghasilkan gambar yang sangat keren. Ada efek blur artistik yang mampu ditampilkan oleh hasil foto dari smartphone milik Apple tersebut. Efek ini sering digunakan untuk menambah penekanan pada subjek dalam foto. Biasanya dimiliki oleh kamera berkualitas tinggi yang memiliki lensa wide-aperture. Sebenarnya banyak smartphone yang mencoba menyematkan itu, sayangnya tidak semua menampilkan hasil yang benar-benar maksimal.

iPhone 7 Plus bisa menjadi ponsel pertama yang menghasilkan gambar eye-pleasing. Bahkan beberapa analis mengungkapkan hasil jepretan dari iPhone 7 Plus tak kalah dari kualitas gambar milik kamera DSLR. Menurut Phone Arena (7/9), Apple menyematkan dua kamera dan digital signal processor yang membuat kedalaman foto makin terasa.

Kamera dari iPhone 7 Plus memiliki 2 kali zoom optical yang berfungsi untuk 'ngezoom' tanpa tampak pecah sedikitpun. Mungkin fitur ini membuat iPhone 7 Plus terlihat mewah, namun tentu para pengguna tak seberapa memakainya. Fitur yang mungkin akan sangat disukai oleh pengguna iPhone 7 Plus adalah moda 'Portrait'.

Portrait mode adalah mode yang dapat memburamkan latar belakang foto potret Anda, yang akan memberi kesan 'depth of field' yang lebih dalam. Dalam istilah fotografi hal ini disebut 'bokeh.' Gagasan untuk mendapatkan bokeh di hanya sekedar kamera smartphone sendiri adalah hal yang cukup brilian.

Sebenarnya fitur ini jauh dari sempurna, karena hasil yang didapat tak seperti kita menggunakan DSLR atau mirrorless. Namun di kondisi pencahayaan yang bagus, foto potret Anda akan berubah jadi fenomenal.

Focal length 56mm dengan bukaan f 2.8 memang tak terlalu digolongkan dalam lensa portrait jika ini diterapkan di lensa DSLR. Namun ini adalah yang paling portrait jika dibandingkan dengan smartphone lain. Konsep kamera DSLR pun mampu diterapkan, dengan makin dekat kamera ke objek, patar belakang makin blur dan bokeh makin indah. Hal ini akan membawa selfie Anda jadi makin kece, karena tentu kamera smartphone lain tak bisa melakukan hal semacam ini, dan mirrorless dan DSLR cukup 'ribet' untuk mengambil gambar selfie.

Selain itu, kamera depan dari seri iPhone 7 adalah yang terbaik jika dibandingkan dengan flagship lain. Berdasarkan artikel merdeka.com beberapa waktu lalu soal kamera depan, iPhone 7 secara jelas ada di atas semua smartphone jika berbicara soal kamera depan. Warna yang cukup baik dan detil yang cukup tajam bisa dibanggakan oleh flagship keluaran Apple tersebut, meski tak memiliki pendeteksi wajah yang harusnya akan membuat selfie makin cetar.

Smartphone dengan keseluruhan terbaik: Samsung Galaxy S7 Edge

Dari segi desain, memang Galaxy S7 Edge tidak seberapa revolusioner karena mirip saja dengan pendahulunya, Galaxy S6 Edge. Sedikit perbedaan bisa ditemukan si keempat ujung sisi yang lebih tumpul, membuatnya pas di genggaman. Hal ini tentu cocok bagi Galaxy S7 Edge yang memiliki bentang layar 5,5 inci.

Phablet satu ini memang saudara kembar dengan Galaxy S7. Namun satu hal yang membuat S7 Edge sedikit lebih baik adalah bentang layar. Bentang layar lebih besar juga membuat kepadatan pikselnya lebih sedikit, yaitu 534ppi. Meski jenis layarnya sama Super AMOLED beresolusi Quad HD (1440 x 2560 piksel), tetap saja soal kejernihan Galaxy S7 lebih unggul dengan 577ppi.

Di sisi lain, layar lengkung Galaxy S7 Edge menawarkan fitur layar yang lebih kaya. Pengguna bisa mengakses berbagai aplikasi, ambil foto selfie, hingga kalender hanya dengan sekali ketuk pada layar. Terdapat pula fitur Always-on yang akan membuat jam dan notifikasi di layar Galaxy S7 selalu menyala namun bagian layar lain tetap mati.

Soal dapur pacu, Galaxy S7 Edge dibekali dengan prosesor Snapdragon 820 buatan Qualcomm (untuk Amerika) atau Exynos 8890 dari Samsung. Kedua prosesor itu sama-sama jadi yang terbaik, dan hanya kalah dari Snapdragon 821 yang sudah terpasang di beberapa smartphone seperti Pixel. Meski demikian, Snapdragon 820 pun sudah gahar dengan menawarkan kecepatan data hingga 30 persen lebih dan respon layar 64 persen lebih baik.

Bahkan berdasarkan tes kecepatan yang dilakukan oleh C4ETech, OnePlus 3 yang mengusung RAM 6GB masih kalah dengan Samsung Galaxy S7 yang 'hanya' memiliki RAM 4GB. Perlu diketahui bila OnePlus 3 hadir dengan prosesor Snapdragon 820 sementara beberapa varian Galaxy S7 dengan prosesor Exynos 8890. Kedua prosesor ini adalah salah satu yang terbaik saat ini.

Sebagai pelengkap, terdapat RAM 4GB LPDDR4 dan memori internal 32/64 GB. Bila kapasitas penyimpanan iu belum cukup, Anda bisa menambahkan kartu microSD hingga kapasitas 200GB! Beralih ke bagian kamera, Galaxy S7 Edge hadir dengan set-up kamera sama dengan Galaxy S7. Pengguna bisa kamera utama 12MP berfitur Dual-Pixel dan piksel besar untuk menangkap gambar lebih cepat sekaligus mendapat banyak cahaya meski di tempat minim penerangan.

Selain itu, bukaan lensa dari Galaxy S7 Edge sudah f/1.7, terlebar di smartphone sampai saat ini. Piksel besar dan bukaan lensa lebar membuat kamera utama Galaxy S7 Edge mampu menangkap lebih banyak cahaya ketimbang Galaxy S6, bahkan hingga 95 persen lebih banyak! Agar hasil jepretan tak mudah ngeblur, Samsung menambahkan fitur OIS pada kamera utama. Sebagai tambahan, ada kamera depan 5MP dengan bukaan lensa f/1.7 di smartphone ini.

Fitur lain yang tidak kalah hebat adalah baterai jumbo berkapasitas 3600mAh, terbesar dari Samsung selama ini. Terdapat pula sertifikat anti debu dan air IP68, 4G LTE Cat. 9, dan sistem operasi Android Marshmallow.

loading...

0 Response to "4 Smartphone Terbaik dan Keren di Tahun 20116"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.