Ingin Rumah Tangga Anda Terhindar Dari Perceraian, Berikut Tipsnya

loading...
Salah seorang kawan bertanya pada saya untuk berbagi resep agar pernikahan kita sakinah, mawadah, warahmah serta terhindar dari yang namanya Perceraian.

Saya jawab : “TERBUKA“

Kawan saya itupun terbengong, sambil berkata “maksud loe? ”

“Ya Terbuka dengan pasangan kita dalam berbagai hal, Insya Allah pernikahan kita makin Sakinah, Mawadah, Warahmah serta terhindar dari yang namanya hantu perceraian”.

Masih belum senang dengan jawabanku tersebut, kawan saya lalu memohon saya untuk menguraikan lebih rinci TERBUKA bagaimana yang disebut.

Ok, nanti saya catat. Alhamdulillah dalam kesempatan ini saya coba bakal berbagi arti TERBUKA yang saya maksud.

Ada 4 hal yang menurut saya harus TERBUKA dalam sebuah rumah tangga : 

1. Terbuka Latar Belakang Keluarga Kita
2. Terbuka hal-hal yang kita sukai serta yang kita benci.
3. Terbuka mengenai Keuangan
4. Terbuka semua permasalahan yang sedang dihadapi

Mari kita bahas satu-satu : 

1. Tebuka Latar Belakang Keluarga Kita

Banyak suasana tentram keluarga terganggu akibat pasangan kita terasa dibohongi tentang kondisi keluarga kita. Keluarga disini yaitu keluarga besar yang meliputi bapak, ibu, adik atau kakak kita.

Ada banyak pertanyaan yang terkadang jadi awal satu pertengkaran saat pasangan kita terasa kaget tahu keadaan keluarga pasanganya setelah menikah serta itu berasal dari orang lain.

Terbukalah, jangan ditutup-tutupi kondisi keluarga kita.
Contoh : bila bapak serta ibu kita bercerai, katakan saja kondisi sebenarnya, tanpa harus berbohong.

2. Terbuka hal-hal yang kita sukai serta yang kita benci.

Sesuatu yang begitu berpotensi menimbulkan keributan dalam satu rumah tangga yaitu masalah hoby maunpun sesuatu yang dibenci.

Bisa jadi hal yang kita sukai

merupakan hal yang dibenci oleh pasangan kita atau sebaliknya. Alangkah sebaiknya mengkomunikasikan mulai sejak awal penikahan. Atau dapat di sampaikan saat sistem Ta’aruf.

Setelah menyampaikanya, barulah lalu mencari solusinya.
Contoh : seorang suami bila tidur umum lampu jelas, sedang istri bila tidur umum lampu mati. Hal yang begitu remeh ini apabila tak dibahas solusi kongkritnya bakal berekor panjang jadi potensi konflik dalam rumah tangga.

3. Terbuka tentang Keuangan

Untuk permasalahan Keuangan, saya selalu menyatakan kalau sejak akad nikah diucapkan jadi telah tak ada lagi yang namanya rahasia tentang keuangan di antara pasangan. Pastikan kita tahu harta atau duit yang dipunyai pasangan kita serta tahu pos-pos pengeluaran apa saja yang dikeluarkan.

Hal yang saya lakukan sejak menikah yaitu saling tahu nomer PIN rekening pasangan, baik itu ATM maupun internet banking. Dari sini pasangan dapat mengecek kondisi keuangan pasanganya dengan lihat saldo rekening pasangan kita.

Apabila ada pengeluaran yang di rasa janggal, komunikasikanlah dengan pasangan kita serta tanpa sangsi untuk menjelaskanya.

Salah satu sumber konflik rumah tangga biasanya sang suami kirim duit pada orang tuanya tanpa ada sepengetahuan istri atau sebaliknya.

4. Terbuka semua permasalahan yang sedang dihadapi

Menikah itu indah serta penuh bunga, tersebut yang dirasa oleh pasangan yang barusan menikah. Tetapi lambat laun pasti akan dijumpai bermacam permasalahan, permasalah dalam sebuah rumah tangga yaitu satu keniscayaan.

Permsalahan bakal jadi masalah besar jika dirahasiakan, jadi terbukalah dengan pasangan kita sekecil apa pun persoalan yang dihadapi. Komunikasikanlah serta yakinkan kalau pasangan kita yaitu orang pertama sebagai tempat curahan hati kita serta mintalah solusinya. Jangan sampai ada masalah, pasangan kita tak tau serta saat pasangan tau berasal dari orang lain.

Itulah 4 point yang menurut saya hal terutama dalam membina rumah tangga supaya makin Sakinah, Mawadah, Warohmah serta terlepas dari satu perceraian. Kebanyakan rumah tangga yang gagal atau penuh dengan pertengkaran berawal dari mampetnya komunikasi antar pasangan yaitu saling merahasiakan apa yang dipunyai atau dialami.

Wallahu’alam.



Sumber : islamedia. id
loading...