Percaya Nggak ? Katanya Danau Ini Selalu Menghilang Setiap Tahun, Baca Infonya Gan

loading...
SerUnique.com - Sahabatku semua, Jumpa lagi dengan artikel terbaru di blog Unik dan Aneh. Berita yang sangat aktual, seru, unik dan aneh akan dipaparkan pada anda. Silahkan simak info tentang Percaya Nggak ? Katanya Danau Ini Selalu Menghilang Setiap Tahun Semoga bermanfaat dan anda terhibur sekali. Simak ya... Jangan lupa Follow Twitter admin di @Share_Doang Google Plus +Mukti Effendi  dan Facebook Fans di SeruniqueCom

Aneh Tapi Nyata.....Danau Ini Selalu Menghilang Setiap Tahun

Sebagai negara yang belum banyak terekspos, Kyrgyzstan di Asia Tengah menyimpan berbagai keindahan alam yang belum terjamah. Negeri ini sarat keunikan, salah satunya adalah danau yang bisa menghilang setiap tahun.

Danau Merzbacher di Ak-Su, Kyrgystan, disebut sebagai danau yang dapat menghilang dan muncul kembali. Fenomena alam misterius menjadikan danau ini dikenal banyak orang. Dilansir dari situs Kyrgyzjer, Kamis (6/2/2014), inilah danau yang selalu menghilang setiap tahun.

Tepat di antara potongan utara dan selatan dari Gletser Enilchek, terdapat sebuah danau misterius, Danau Merzbacher. Danau ini terbentuk hanya pada bulan Agustus saja. Danau ini muncul melalui simpanan es yang membeku, dimana airnya mengalir ke Sungai Enchilek.

Kenyataannya, Danau Merzbacher terbagi menjadi dua bagian oleh jembatan es. Dimana bagian bawah dari danau kosong sementara, sedangkan bagian atasnya selalu penuh dengan air. Uniknya, Danau Merzbacher menghilang dua kali setahun. Sekali saat musim panas, dan sekali saat musim dingin.

Pada tahun 1903, seorang Jerman yang berprofesi sebagai ahli geografi dan pendaki gunung, Gottfried Merzbacher, menemukan danau tersebut saat memimpin ekspedisi menuju Pegunungan Tian Shan. Tujuannya saat itu mencapai Puncak Khan Tengri.

Bermula dari pergantian dari rute awal di Byankol Pass, karena hadangan badai salju, ekspedisi mencoba jalur lain melalui Gletser Enilchek. Sayangnya, mereka juga tidak berhasil. Walaupun gagal, ekspedisi saat itu tetap dikenang, terutama melalui penemuan danau misterius yang akhirnya menyandang nama penemunya, Gottfried Merzbacher.

Ekspedisi saat itu menemui sebuah danau bening yang terletak di ketinggian 3.500 mdpl. Danau tersebut terperangkap di antara dua potongan gletser. Ketika tim ekspedisi masih berada di sekitar danau, mendadak danau itu mengering.

Hal tersebut juga yang dialami oleh grup penjelajah lain pada 28 tahun kemudian. Danau tersebut mengering tepat di depan mata mereka. Menyisakan es besar di danau yang telah mengering. Kemudian, beberapa anggota kembali tahun berikutnya dan mendapati danau yang telah terisi.

Faktanya, ada beberapa danau di dunia yang bisa menghilang seperti Danau Merzbacher. Fenomena serupa juga terjadi di Islandia, Swiss, dan Greenland. Tapi, di antara danau serupa, tidak ada yang begitu tepat soal timing seperti Danau Merzbacher saat menghilang.

Ada beberapa penjelasan tentang fenomena tersebut. Beberapa ilmuwan mengatakan, permukaan air mungkin mencapai level kritis, sehingga air dari gletser yang membendung danau malah mengambang, membuat air tersedot ke bawahnya.

Teori lain mengatakan, tekanan dari air menciptakan perubahan bentuk dalam bendungan es dan membuka celah yang membuat air terkuras. Teori lain menghubungkan dengan bentuk danau yang seperti tebing. Ketika retakan terisi dengan air, air akan melewati lorong di bawah es dan membuat air keluar ke danau. Sayangnya, tidak ada yang benar-benar tahu mengapa air di Danau Merzbacher menghilang.

Pada tahun 2004, ekspedisi lain diberangkatkan untuk mengungkap fenomena unik tersebut. Rencana awal, adalah untuk membiarkan air menghilang, sehingga peneliti dapat meneliti celah yang ada. Adapun pada akhirnya, hanya tersisa seorang fotografer yang merekam keseluruhan kejadian untuk pertama kalinya.

Untuk mencapai Danau Merzbacher, ada beberapa rute trekking yang dapat dilalui. Sayangnya, terkait dengan soal perbatasan, ada beberapa bagian yang memerlukan izin spesial untuk dilewati. Jika Anda tertarik, ada beberapa penyedia jasa lokal yang dapat mengatur trip Anda ke beberapa bagian di tempat ini. Lengkap dengan penerbangan helikopter dan akomodasi di Yak Farm, Echkili Tash.

Di bagian lembah yang lebih rendah, Anda dapat menyaksikan pemandangan spektakuler dari Khan Tengri camp. Khan Tengri camp sendiri merupakan tempat untuk aklimatisasi, sekaligus tempat bagus untuk memulai penjelajahan menuju Danau Merzbacher dan sekitarnya. 






http://digali.blogspot.com/2014/02/aneh-tapi-nyatadanau-ini-selalu.html
loading...