HIU BISA KENALI POSISI MANUSIA SAAT BERENANG, WASPADA!!!

loading...
SerUnique.com - Jumpa lagi dengan artikel terbaru di blog Unik dan Aneh. Berita yang sangat aktual, seru, unik dan aneh akan dipaparkan pada anda. Silahkan simak info tentang HIU BISA KENALI POSISI MANUSIA SAAT BERENANG, WASPADA!!! Semoga bermanfaat dan anda terhibur sekali.

Hiu ternyata bisa mengenali dan mempelajari posisi manusia yang sedang berenang. Beberapa hiu bahkan bisa mengenali ke arah mana manusia menghadap dan menjaga jarak dari ruang pandang mereka.

Para penyelam dan peneliti sebenarnya sudah menyadari kecenderungan perilaku hiu ini. Namun belum pernah ada yang mendokumentasikannya.

Dalam sebuah studi yang dimuat di jurnal Animal Cognition edisi Desember 2013, dilaporkan peneliti dan beberapa sukarelawan menyelam, bertahan di dasar laut, dan mendokumentasikan perilaku hiu karang.

Erich Ritter, ilmuwan dari Shark Research Institute di Florida, mengatakan para penyelam sukarelawan itu sudah diberi tahu untuk tidak bergerak atau mengubah orientasi tubuh, meski didekati hiu. Hasil rekaman menunjukkan 80 persen hiu karang yang mendekati penyelam dari depan ternyata hanya lewat begitu saja.

Ritter mengatakan, hiu-hiu itu ternyata bisa mengenali arah badan penyelam dan lebih menyukai mendekat dari belakang. "Mereka benar-benar berenang mendekat dari belakang, seperti mengendap-endap dan tak ingin terlihat," kata Ritter seperti dikutip Livescience, Senin, 23 Desember 2013. Cara hiu mendekat dari belakang diduga merupakan perilaku mereka yang ingin tahu, tapi tetap waspada.



Menurut Ritter, belum diketahui bagaimana hiu bisa mengenali ke arah mana para penyelam itu menghadap. Namun tampaknya hiu bisa melihat masker penyelam dari jauh. Hiu tampaknya juga belajar bahwa keberadaan masker menunjukkan posisi mata manusia. Ritter mengatakan, kemampuan hiu itu mengejutkan karena manusia bukanlah spesies yang kerap ditemui ikan karnivora itu, apalagi menjadi bagian dari mangsanya.

Ralph Collier, peneliti hiu dari Shark Research Committee di Los Angeles, mengatakan studi ini melengkapi cerita dari para penyelam yang kerap mengatakan ada hiu putih yang berenang mendekat dan menatap saat mereka berbalik badan. Studi ini juga menjelaskan mengapa kebanyakan serangan hiu terjadi dari belakang.

Namun serangan hiu terhadap manusia sebenarnya tergolong jarang. Setiap tahun diperkirakan hanya 10 orang yang tewas akibat serangan hiu. "Studi ini menjadi tambahan informasi tentang perilaku hiu yang sudah kita ketahui," kata Collier.

George Burgess, direktur program riset hiu di Florida Museum of Natural History, tidak terkejut dengan hasil studi Ritter. "Kita tidak tahu sejarah hiu itu sebelumnya dan apakah interaksi dengan manusia menjadi pengalaman baru bagi mereka," kata dia.

Menurut Burgess, hiu mungkin pernah melihat manusia sebelumnya. "Tidak aneh jika mereka bisa mengenali masker dan mengiranya sebagai mata. Sebab, ikan mangsa mereka pun punya mata. Sumber.


===============
Catatan +Mukti Effendi 

Blog SerUnique.com adalah blog berisi artikel berita yang dicopypaste dari berbagai situs dan blog yang ada di internet dan selalu saya sebutkan di bawah artikel. Jika ada artikel kamu yang saya copas dan merasa dirugikan,silahkan kirim keluhan kamu dikolom komentar dibawah ini atau email ke muktiplaza.online@gmail.com ,terima kasih. Dan mohon maaf atas ketidak nyamanannya.
loading...

0 Response to "HIU BISA KENALI POSISI MANUSIA SAAT BERENANG, WASPADA!!!"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.