Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Hipertensi

loading...
Sobat, banyak dari kita yang sering mendengar bahwa orang disekitar kita memiliki tekanan darah di atas normal, atau bahkan mungkin anda sendiri yang sedang mengalaminya. Namun banyak juga yang memandang sebelah mata keadaan tersebut. Banyak dari masyarakat yang kurang waspada terhadap resiko yang dapat diakibatkan oleh tekanan darah tinggi. Tidak sedikit dari penderita darah tinggi yang merasa tidak perlu mengontrol tekanan darahnya karena belum merasakan keluhan atau gejala apa pun. Mereka masih tetap malas berolahraga, malas minum obat dan kontrol teratur ke dokter, makan sembarangan, dan enggan merubah gaya hidup yang kurang sehat.





Darah tinggi, atau yang biasa disebut dengan hipertensi, adalah keadaan di mana tekanan darah sistolik mencapai 140 mmHg atau lebih, dan tekanan darah diastolik mencapai 90 mmHg atau lebih. Tekanan darah sistolik dapat diartikan secara sederhana sebagai tekanan aliran darah pada dinding pembuluh darah yang terukur saat jantung berdenyut. Sedangkan tekanan darah diastolik adalah tekanan darah yang terukur saat jantung beristirahat di antara dua denyutan. Tekanan darah orang normal pada umumnya adalah 120/80 mmHg.





Hipertensi adalah salah satu silent killer, dia dapat ‘membunuh’ anda secara diam-diam. Sekitar 1/3 pasien hipertensi tidak merasakan keluhan yang mengganggu. Namun apabila dibiarkan berlarut-larut, hipertensi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, diantaranya serangan stroke, penyakit jantung, gangguan fungsi ginjal hingga gagal ginjal, serta gangguan fungsi organ lain akibat gangguan aliran darah.

Selain kesadaran untuk rajin kontrol dan berobat secara teratur, anda juga dapat mengendalikan tekanan darah anda sendiri dengan merubah pola hidup anda ke arah yang lebih sehat. Karena memang dibutuhkan kerjasama antara dokter dan kesadaran anda sendiri untuk dapat mengendalikan tekanan darah. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah:




Makan Makanan Sehat

DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) menganjurkan sayuran, buah-buahan, gandum, oatmeal, dan produk peternakan yang rendah lemak untuk diet harian. Potassium juga dianjurkan karena dapat membantu mengontrol tekanan darah. Makanan yang tinggi kandungan potassium diantaranya adalah bayam, kentang rebus, buah aprikot, yoghurt, ikan salmon, alpukat, dan pisang. Selalu pilih makanan dengan kandungan lemak total dan lemak jenuh yang rendah, perhatikan table daftar kandungan nutrisi di belakang kemasan.




Kurangi Asupan Garam Harian

Apabila anda berusia 51 tahun atau lebih, atau anda adalah penderita hipertensi, diabetes mellitus (kencing manis), atau penyakit ginjal kronis, maka batasi asupan garam anda cukup sebanyak 1500 mg per hari. Apabila anda bukan termasuk golongan di atas, anda dapat mengkonsumsi garam maksimal sebanyak 2300 mg per hari. Perlu diingat bahwa asupan garam harian anda bukan hanya berasal dari botol garam yang anda tuangkan sebagai penambah rasa saat makan, tetapi makanan olahan juga memiliki kandungan garam yang cukup tinggi, seperti makanan beku dan makanan kaleng.




Jaga Berat badan

Apabila anda tergolong overweight, maka atur pola makan dan berolahragalah. Tekanan darah anda akan ikut turun hanya dengan menurunkan berat badan sebanyak 2-3 kg.

Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur sangat membantu untuk mengontrol tekanan darah dan berat badan. Tidak perlu olahraga berat, cukup dengan jalan pagi ringan selama 30 menit dapat sangat membantu. Olahraga lain yang dapat anda lakukan misalnya naik turun tangga, bersepeda, lari pagi, berenang, olahraga permainan seperti sepakbola, futsal, basket, atau tenis, dan bahkan melakukan kegiatan rumah tangga seperti menyapu atau mengepel juga termasuk aktivitas fisik yang dapat sangat membantu. Dan yang lebih penting, lakukan secara teratur setiap hari.

Apabila anda memilih olahraga angkat beban, jangan mengangkat beban yang terlalu berat, anda dapat pilih beban yang ringan dan lakukan pengulangan lebih banyak. Jangan menahan nafas saat melakukannya, karena berbahaya bagi pembuluh darah anda. Bernafaslah perlahan secara teratur. Dan apabila tubuh anda sudah merasa letih, istirahatlah, terlebih apabila anda sudah mulai merasakan nyeri dada.




Hindari Alkohol

Jangan minum alkohol ! Bahkan ketika anda dalam keadaan sehat pun alkohol dapat menaikkan tekanan darah anda. Namun apabila anda benar-benar tidak dapat lepas dari alkohol, batasi seminimal mungkin asupan per harinya (cukup sekali minum per hari untuk wanita dan yang berusia 65 tahun atau lebih, dan maksimal dua kali minum per hari untuk pria).




Hindari Rokok

Tembakau yang anda hisap sangat mengiritasi dan melukai dinding pembuluh darah anda. Proses ini akan mempercepat terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah dan mengganggu elastisitasnya, yang akhirnya hanya akan menaikkan tekanan darah anda. Hentikan merokok sekarang juga, perlahan-lahan, demi kesehatan dan masa depan anda sendiri.




Hindari Stress

Hindari, atau bila tidak mungkin minimalisir tingkat stress anda setiap hari. Seringlah menarik nafas dalam, lakukan relaksasi, peregangan otot dan gerakan-gerakan ringan di kantor atau tempat kerja anda, serta cukupkan kebutuhan tidur harian anda.




Monitor Tekanan Darah Anda Sendiri

Memiliki tensi meter sendiri di rumah adalah penting. Anda dapat dengan mudah mempelajari cara memakainya dan dapat digunakan untuk seluruh anggota keluarga (ukuran manset dapat disesuaikan). Simpan juga tabel tekanan darah di rumah untuk mengetahui kondisi kesehatan anda. Terlebih lagi bila anda adalah penderita tekanan darah tinggi. Dengan mengetahui tekanan darah harian, anda dapat dengan mudah mengetahui apakah obat yang anda minum memberikan efek atau tidak. Anda juga dapat bsegera menghubungi dokter anda sebelum terlambat ketika anda mendapati tekanan darah anda naik.

Selamat mencoba menerapkan gaya hidup sehat, sobat.
loading...

0 Response to "Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Hipertensi"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.