Senyum Indah untuk Tubuh Sehat

loading...
Senyum yang indah dan menawan dapat dengan mudah anda miliki hanya dengan menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut. Kesehatan rongga mulut diawali dengan menjaga kebersihan gigi. Maka cara untuk mendapatkan senyum yang indah adalah dengan menggosok gigi dan menggunakan benang flos untuk mengangkat sisa-sisa makanan.




Kesehatan rongga mulut tidak dapat diremehkan. Di dalam rongga mulut terdapat ribuan bakteri, dalam keadaan normal mereka bukanlah bakteri yang berbahaya, namun pada keadaan tertentu bakteri tersebut dapat berkembang biak melebihi kondisi normal. 


Penggunaan obat-obatan dekongestan, antihistamin, penghilang rasa sakit, dan diuretik dapat mengurangi produksi air liur. Padahal air liur berguna sebagai sarana irigasi rongga mulut untuk menetralkan asam yang dihasilkan bakteri.

Keadaan rongga mulut juga dipengaruhi dan mempengaruhi kesehatan tubuh secara umum. Infeksi di dalam rongga mulut juga dapat menyebar melalui aliran darah dan menyebabkan kondisi yang berbahaya bagi tubuh. 

Beberapa kondisi tersebut diantaranya adalah endokarditis (peradangan endokardium atau otot jantung akibat penyebaran infeksi rongga mulut), penyakit jantung dan pembuluh darah lain yang diawali infeksi dan peradangan gigi/gusi, kehamilan dan persalinan (periodentitis berhubungan dengan riwayat lahir prematur dan berat lahir yang rendah), Diabetes Mellitus dan HIV/AIDS (dimana terjadi penurunan daya tahan tubuh, sehingga meningkatkan resiko infeksi gigi/gusi), Osteoporosis, Penyakit Alzheimer, dan kondisi lain yang juga berpengaruh pada kesehatan gigi dan rongga mulut secara umum.




Asosiasi Kesehatan Gigi Amerika menganjurkan beberapa langkah dasar dalam menggosok gigi yang baik, diantaranya adalah:

Gosok gigi minimal dua kali sehari.

Jangan menggosok gigi dengan terburu-buru dan terlalu keras, gosoklah perlahan dengan lembut supaya tidak merusak enamel dan melukai gusi anda.

Gunakan sikat gigi dan pasta gigi yang tepat.

Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride, serta gunakan sikat gigi yang berbulu lembut dan sesuaikan ukurannya sesuai ukuran rahang anda. Sikat gigi elektrik juga dapat anda pilih untuk memudahkan anda dalam menggosok gigi, sikat gigi ini sama baiknya dengan dengan sikat gigi biasa, yang paling penting adalah seluruh permukaan gigi dapat terjangkau dan tersikat dengan bersih.

Biasakan menggosok gigi dengan teknik yang baik.

Letakkan permukaan sikat gigi anda menghadap permukaan gigi sedemikian rupa sehingga tidak tegak lurus melainkan sedikit miring. Gosok gigi anda satu arah, untuk gigi pada rahang atas lakukan dengan menggosok dari atas ke bawah dengan sedikit menekan permukaan sikat gigi. Demikian pula untuk gigi pada rahang bawah, gosok dari arah bawah ke atas. Jangan menggosok dengan arah bolak-balik. Usahakan jangan menggosok gigi dengan kasar dan terburu-buru agar gusi anda tidak terluka. Jangan lupa untuk menggosok lidah anda setelah menggosok gigi, lakukan dengan menggosoknya dari dalam ke arah ujung depan lidah.

Jaga kebersihan senjata anda.

Selalu cuci dan bersihkan sikat gigi anda dengan air bersih yang mengalir setiap setelah anda gunakan. Letakkan pada posisi kepala sikat berada di atas dan biarkan kering terkena udara bebas. Jangan biasakan menutup kepala sikat atau menyimpannya di dalam lemari atau tempat tertutup, karena hal ini hanya akan meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Ganti sikat gigi anda tepat waktu.
Pada penggunaan normal rata-rata, sikat gigi harus diganti setelah penggunaan selama tiga sampai empat bulan. Apabila anda menggunakan sikat gigi dengan indikator warna, segera ganti sikat gigi anda setelah warna indikator tersebut hilang melebihi setengah panjang bulu sikat. Dan apabila bulu sikat sudah tidak lagi baik dan lurus, anda tidak perlu menunggu hingga tiga bulan untuk menggantinya, gantilah dengan sikat gigi yang baru karena bulu sikatnya sudah tidak efektif untuk membersihkan gigi, selain itu ujung bulu sikatnya beresiko melukai gusi anda.




Selain menggosok gigi, Asosiasi Kesehatan Gigi Amerika juga menganjurkan penggunaan benang flos untuk mengangkat sisa makanan yang tidak dapat hilang dengan menggosok gigi.

Langkah dasar untuk menggunakan benang flos yang baik diantaranya adalah:

Jangan pelit menggunakan benang flos.

Untuk sekali pemakaian, tarik benang flos sepanjang ± 46 cm (18 inchi). Gulung salah satu ujung benang flos pada jari tengah tangan kanan, dan ujung lain pada jari tengah kanan kiri. Sisakan 3 cm (1 inchi) di bagian tengah, gunakan bagian ini untuk menggosok sela gigi pertama, kemudian gulung bagian benang flos yang telah digunakan ini dan bergeser 3 cm lagi untuk sela gigi berikutnya, demikian seterusnya.

Lakukan satu demi satu.

Gunakan ibu jari dan jari telunjuk anda untuk mengendalikan benang flos, tarik ke bawah kemudia ke atas dari permukaan gigi untuk menyingkirkan sisa makanan sekaligus menghapus lapisan plak. Lakukan secara bergantian gigi demi gigi.

Jangan menyerah.

Mungkin pada awalnya akan terasa merepotkan. Menggunakan benang flos memang membutuhkan sedikit latihan. Anda dapat menggunakan floss holder sebagai alat pembantu, atau anda dapat mengganti benang flos dengan tusuk gigi dari bahan kayu lunak dan memiliki diameter yang cukup kecil agar dapat menjangkau sela-sela gigi. Hati-hati dalam menggunakan tusuk gigi karena beresiko dapat melukai gusi apabila anda tidak berhati-hati.




Sebagai tambahan, gunakan obat kumur anti mikroba setelah menggosok gigi. Obat kumur juga berguna untuk mencegah pembentukan plak.


Periksalah ke dokter gigi.

Pada umumnya, dalam keadaan sehat, periksalah ke dokter gigi secara teratur minimal dua kali dalam setahun untuk melakukan pemeriksaan rutin. Apabila anda merasakan keluhan dalam rongga mulut segeralah hubungi dokter gigi favorit anda. 




Beberapa tanda yang harus anda waspadai adalah:
  • Gusi yang mengalami pembengkakan, berwarna lebih merah, dan terasa sakit.
  • Gusi yang mudah berdarah ketika anda menggosok gigi atau menggunakan benang flos.
  • Garis gusi yang turun atau tampak lebih rendah daripada garis gusi pada gigi disekitarnya.
  • Gigi permanen anda tanggal atau patah.
  • Perubahan garis susunan gigi pada rahang atas dan bawah.
  • Gigi anda semakin sensitif pada rangsangan panas, dingin dan asam.
  • Bau mulut yang menetap.
  • Rasa aneh atau tidak biasa yang anda rasakan dan menetap di lidah.
Semoga artikel di atas tentang Senyum Indah untuk Tubuh Sehat akan memberikan manfaat untuk anda. Salam.
loading...

1 Response to "Senyum Indah untuk Tubuh Sehat"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.