1000 mg Vitamin C, Cukupkah?

loading...
Saat ini tersedia berbagai macam bentuk suplemen vitamin C di pasaran, baik dalam bentuk tablet, kapsul, atau minuman kemasan yang mengklaim mengandung vitamin C hingga 1000 mg. Vitamin C, atau yang memiliki nama lain asam askorbat, adalah salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan dalam proses pembentukan kolagen dalam tulang, kartilago (tulang lunak), otot, pembuluh darah, serta membantu penyerapan zat besi. Vitamin yang larut dalam air ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, jumlah yang berlebih di dalam tubuh juga akan langsung dibuang, tidak disimpan di dalam tubuh.




Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sariawan. Walaupun sariawan dapat terjadi pada orang dalam kondisi normal (dalam keadaan kekurangan vitamin C dalam jumlah yang cukup besar, kelelahan fisik, dan atau stress, sehingga terjadi penurunan daya tahan tubuh secara umum), namun sebenarnya sariawan terutama terjadi pada penderita malnutrisi, pada ibu hamil dan menyusui (karena kebutuhan nutrisi secara umum yang meningkat, termasuk kebutuhan akan vitamin C), dan pada bayi dimana satu-satunya sumber asupan makanan berasal dari ASI. Sariawan akan muncul dalam 24-48 jam, dan mengalami penyembuhan dalam rentang waktu hingga satu minggu.

Karena vitamiun C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, maka kebutuhan Vitamin C hanya dapat dipenuhi melalui asupan dari luar. Sumber utama vitamin C adalah buah-buahan asam (seperti jeruk dan strawberry) serta sayuran (seperti brokoli dan cabe). Satu buah jeruk ukuran besar atau 165 gram buah strawberry (sekitar satu cangkir) sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. 




Untuk dewasa, jumlah yang dianjurkan adalah 65-90 mg vitamin C, jumlah maksimal perhari adalah 2000 mg. Jadi sesungguhnya, dalam kondisi normal, menu makanan sehat dan seimbang sehari-hari sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, tidak perlu tambahan suplemen. 

Jumlah yang berlebih akan langsung dibuang oleh tubuh, sehingga memang relatif tidak berbahaya, namun apabila anda mengkonsumsi suplemen vitamin C dalam jumlah yang terlalu banyak dapat mengakibatkan:
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Rasa terbakar di ulu hati (heartburn)
  • Rasa tidak nyaman di perut hingga kram perut
  • Sakit kepala
  • Gangguan sulit tidur (insomnia)
  • Meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal akibat timbunan kristal asam
Demikianlah sobat artikel tentang Sebanyak Apa Vitamin C yang Kita Butuhkan Setiap Hari? Semoga manfaat ya.
loading...

1 Response to "1000 mg Vitamin C, Cukupkah?"

  1. Hadirr bang, mantap blognya udah dpat pagerank.. :) http://seoting.blogspot.com

    BalasHapus

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.