Mengupas Nikmatnya Buah Pisang

loading...
Buah berwarna kuning ini tentu sudah tidak asing lagi bagi sobat blog Seru dan Unik, namun mungkin sebagian dari anda belum mengetahui bahwa buah ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Rasa yang enak dan disukai banyak orang, harga yang relatif terjangkau, mudah didapat, serta mudah dibawa sebagai bekal, membuat buah ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu makanan wajib anda sehari-hari. Nah sobat, mari kita bahas mengenai beberapa manfaat yang dimiliki buah pisang ini.




Pisang vs Apel.

Pisang ternyata memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan apel, salah satu buah yang juga sering diamakan sehari-hari. Pisang mengandung karbohidrat dua kali lebih banyak daripada apel, pisang juga mengandung Vitamin A, zat besi, dan zat fosfor lima kali lebih banyak daripada apel. Selain itu pisang juga kaya akan potassium dan fruktosa (gula alami di dalam buah). Kelebihan tersebut membuat pisang menjadi salah satu ”Super Food” yang dianjurkan untuk dimakan setiap hari.


Pisang sebagai suplier energi ekstra untuk tubuh.

Pisang mengandung banyak vitamin dan mineral, hal inilah yang membuat pisang menjadi salah satu makanan sumber energi bagi tubuh. Hanya dengan makan dua buah pisang dapat membuat anda memiliki cukup persediaan energi untuk berolahraga selama satu setengah jam. Ketika anda merasa lelah, anda lebih baik mengkonsumsi pisang ketimbang minum minuman berenergi/berkarbonasi yang mengandung kafein atau makan makanan manis, karena pisang dapat memberikan anda cukup energi tanpa memberikan efek negatif kafein.


Potassium penting untuk kebugaran tubuh.

Potassium membantu memperlancar sirkulasi peredaran darah ke seluruh tubuh, sehingga kebutuhan oksigen otak akan terpenuhi, frekuensi denyut jantung terjaga, dan membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Karena hal itu pula potassium dapat menurunkan resiko penyakit stroke dan membantu menjaga tekanan darah.




Pisang baik untuk kesehatan pencernaan.

Salah satu manfaat pisang adalah dapat mengatasi konstipasi (sulit buang air besar). Pisang mengandung beberapa tipe serat yang membantu menjaga kesehatan fungsi pencernaan. Daripada anda menggunakan bahan laksansia yang mengandung bahan kimia sintetis untuk mengobati konstipasi, lebih baik anda mengkonsumsi pisang karena tidak menyebabkan efek samping yang sering diakibatkan laksansia, yaitu diare.


Pisang dapat membuat hidup anda lebih bersemangat.

Pisang mengandung asam amino triptofan, bahan yang juga tinggi kandungannya di dalam daging kalkun. Bahan ini adalah salah satu bahan yang meregulasi stabilitas mood, menjaga agar pikiran tetap rilex, dan membuat anda merasa lebih bahagia.




Bagi para wanita, makanlah pisang saat anda datang bulan.

Saat anda merasakan sakit perut saat datang bulan (dysmenorrheal pain)maka makanlah pisang. Pisang mengandung vitamin B6 yang membantu regulasi kadar gula darah dan hal ini dapat membantu anda untuk mengendalikan mood anda.


Pisang dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Penelitian yang telah dilakukan pada pelajar yang diminta untuk makan pisang tiga kali sehari (pada saat sarapan, snack antara sarapan dan makan siang, dan saat makan siang) menunjukkan hasil bahwa kandungan potassium di dalam pisang membantu meningkatkan kemampuan otak mereka.


Makanlah pisang setelah anda mengkonsumsi alkohol.

Kandungan alami di dalam buah pisang dapat membantu mengurangi efek negatif yang ditimbulkan akibat konsumsi alkohol. Pisang akan membantu menurunkan peristaltik lambung dan mengembalikan gula darah ke level normal. Salah satu cara nikmat menikmati pisang adalah dengan memblendernya dengan yoghurt dan ditambah madu sebagai pemanis.

Pisang juga dapat membantu anda lepas dari kebiasaan merokok. Kandungan vitamin B kompleks dan mineral di dalam pisang dapat menurunkan tingkat kecanduan secara fisik dan psikologis terhadap nikotin.



Pisang baik untuk wanita hamil.

Pisang juga membantu wanita hamil untuk mengurangi keluhan mual-mual saat pagi hari (morning sickness). Pisang juga menjaga kadar gula dalam darah tetap dalam level normal dan menjaga suhu tubuh.


Pisang dapat mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga.

Sebelum anda memutuskan untuk menggaruk bekas gigitan serangga, coba oleskan bagian dalam kulit pisang. Hal ini bekerja lebih baik daripada bedak gatal atau obat-obatan yang anda minum untuk mengurangi keluhan gatal akibat gigitan serangga.


Pisang membantu mencegah tukak lambung.

Pisang membantu mencegah terjadinya luka akibat keasaman lambung yang meningkat yang disebabkan makanan tertentu atau akibat produksi asam lambung yang berlebih karena pisang dapat membentuk semacam lapisan pelindung pada dinding dalam lambung. Oleh sebab itu pisang juga dapat berfungsi seperti antasida untuk mengurangi keluhan heartburn (rasa terbakar di ulu hati).



Pisang kaya akan zat besi.

Pisang baik untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami kekurangan zat besi dan dapat membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah.


Kulit pisang dapat digunakan sebagai pupuk alami.

Ternyata kulit pisang merupakan salah satu pupuk alami yang baik untuk tanah dan tanaman anda. Cukup dengan mengubur sebagian kulit pisang di sekitar akar, maka tanah dan tanaman anda akan menjadi lebih subur.


Setelah menyimak pembahasan di atas tentu sobat blog Seru dan Unik menjadi semakin mencintai buah pisang  bukan. Jadi jangan pernah lupa untuk menyediakan buah pisang di meja makan atau kulkas anda, dan bawa selalu buah pisang sebagai bekal anda sehari-hari.
loading...

0 Response to "Mengupas Nikmatnya Buah Pisang"

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.