Makanan Pintar Untuk Otak Sehat

loading...
Sobat blog Seru dan Unik, otak adalah organ yang sangat penting bagi manusia. Organ inilah yang memegang kendali terhadap kerja seluruh tubuh. Sel-sel otak dibentuk sejak dari kandungan hingga sekitar usia tiga tahun. Proses pembentukan sel-sel tersebut hanya terjadi satu kali seumur hidup, sehingga apabila ada sel otak yang mati tidak ada sel yang akan menggantikannya. Periode perkembangan yang paling pesat terjadi segera setelah bayi dilahirkan hingga usia tiga tahun. Perkembangan ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor lingkungan, periode perkembangan ini adalah periode emas yang tidak boleh dilewatkan.

Semakin menuanya usia kita tentu diiringi dengan berbagai penurunan fungsi organ tubuh, termasuk otak. Tetapi para peneliti setuju bahwa kita masih dapat mengendalikan proses penuaan otak kita, salah satunya dengan memilih menu makanan ‘pintar’ untuk dimasukkan dalam diet sehari-hari.

Berikut ini adalah makanan sehat yang baik untuk otak kita.




Blueberry

Seorang dokter yang menulis buku “Superfood, 14 Makanan yang Terbukti Dapat Mengubah Hidup Anda”, dr. Steven Pratt, menyatakan bahwa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberry dapat melindungi otak dari stress oksidatif dan mengurangi resiko terjadinya kondisi degenerative seperti penyakit Alzheimer atau demensia. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa blueberry dapat meningkatkan kapasitas belajar dan kemampuan motorik pada tikus yang sudah tua. Jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi adalah satu cup blueberry, bisa dalam bentuk beku ataupun segar.




Salmon

Salmon merupakan salah satu ikan yang berasal dari perairan dalam. Salmon kaya akan omega 3 yang penting untuk menunjang fungsi otak. Omega 3 juga memiliki komponen anti inflamasi (anti peradangan). Jenis ikan lain yang juga memiliki omega 3 diantaranya adalah sarden dan ikan herring. Jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi adalah empat ons sajian, dua hingga tiga kali seminggu.




Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang adalah sumber vitamin E yang baik. Vitamin E berguna untuk mencegah penurunan fungsi kognitif yang terjadi seiring dengan pertambahaan usia. Makanlah satu ons kacang walnut, hazelnut, kacang brazil, filbert, almond, cashew, kacang kulit, biji bunga matahari, wijen, atau biji jerami. Anda juga bisa mengkonsumsi selai kacang, selai almond, dan tahini.




Alpukat

Alpukat memiliki manfaat yang hampir sama dengan blueberry dalam menjaga kesehatan otak. Perlu diketahui bahwa alpukat alpukat memiliii kandungan lemak yang cukup tinggi, tetapi lemak yang dimiliki buah ini adalah lemak monounsaturated yang justru baik untuk menjaga kelancaran aliran darah. Apabila aliran darah lancar, maka kebutuhan nutrisi otak juga akan terpenuhi.

Alpukat juga dapat menurunkan tekanan darah. Salah satu faktor yang dapat mencetuskan terjadinya penurunan kognitif adalah hipertensi. Perlu diingat juga bahwa alpukat memiliki kalori yang tinggi, sehingga jumlah yang dianjurkan untuk dikonsumsi cukup ¼ hingga ½ buah alpukat setiap hari. Anda dapat membaca artikel sebelumnya Alpukat Manfaat Banget Untuk kesehatan




Oatmeal

Oatmeal, roti gandum, dan beras merah diketahui dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Semua organ tubuh manusia tergantung pada baik tidaknya aliran darah, jadi apabila anda dapat menjaga kesehatan aliran darah maka kebutuhan nutrisi seluruh organ tubuh akan terpenuhi. Kandungan serat, vitamin E, dan omega 3-lah yang membuat oatmeal, roti gandum, dan beras merah begitu bermanfaat untuk menjaga kesehatan aliran darah dan otak. Jumlah yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah ½ cup sereal oatmeal atau satu iris roti gandum, dua sampai tiga kali makan sehari.




Pomegranate

Pomegranate adalah buah yang lebih enak dinikmati dalam bentuk jus, tetapi anda juga dapat langsung memakan buahnya, hanya saja buah ini memiliki banyak biji kecil. Buah ini mengandung banyak antioksidan yang dapat melindungi otak anda dari radikal bebas. Seorang dokter spesialis syaraf yang menulis buku The Better Brain Book, dr. David Perimutter, mengatakan bahwa otak adalah organ yang paling rentan terhadap pengaruh radikal bebas. dr. David Perimutter juga menganjurkan buah sitrus dan sayuran berwarna lain sebagai sumber antioksidan. Jumlah yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari adalah sebanyak dua ons perhari.




Teh seduh segar

Dua hingga tiga cangkir teh seduh setiap hari (hangat atau dingin, asalkan segar/baru saja diseduh) dapat menyuplai cukup kafein yang berguna untuk membantu meningkatkan memori atau ingatan, fokus pada pekerjaan, serta menjaga mood anda. Teh juga mengandung antioksidan, terutama katekin, yang baik untuk kesehatan aliran darah. Tetapi perlu diingat, teh yang anda minum harus segar atau baru saja diseduh, baik dari daunnya langsung atau dari teh celup, bukan teh kemasan atau dalam bentuk bubuk.




Coklat

Coklat hitam atau dark chocolate selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi juga mengandung kafein. Coklat dapat membantu anda untuk lebih berkonsentrasi dan fokus, serta dapat menjaga mood karena memicu pelepasan hormon endorphin. Jumlah yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah satu hingga satu setengah ons perhari.  

loading...

2 Responses to "Makanan Pintar Untuk Otak Sehat"

Silahkan anda berkomentar dan juga memberikan kritik untuk perbaikan blog ini. Maaf, Komentar yang tidak berhungungan dengan artikel atau hanya pengen beriklan, akan dihapus. Komentar langsung tayang.